Berita Palangkaraya

Bahan Pokok Alami Kenaikan di Pasar Kahayan Palangkaraya, Cabai Merah Naik Rp 20 Ribu

Harga Sejumlah komoditi bahan pokok mengalami kenaikan. Diantaranya cabai merah biasa, bawang merah dan ketela pohon di Pasar Kahayan, Palangkaraya. 

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Ghorby Sugianto
Salah satu pedagang yang menjual bahan pokok di Pasar Kahayan, Rabu (13/4/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Harga beberapa komoditi bahan pokok mengalami kenaikan. Diantaranya cabai merah biasa, bawang merah dan ketela pohon di Pasar Kahayan, Palangkaraya. 

"Yang naik sekarang cabai merah biasa harganya sekarang Rp 80 ribu per kg. Sebelumnya bisa Rp 60 ribu per kg," ucap Zainal, salah satu pedagang sembako dan bahan pokok di Pasar Kahayan, Rabu (13/4/2022). 

Selain itu saat ini harga bawang merah juga mengalami kenaikan meski tidak signifikan, sebesar Rp 32 ribu per kg, sebelumnya Rp 30 ribu per kg. 

Harga ketela pohon Rp 7.000 per kg naik Rp 2.000, sebelumnya harganya kisaran Rp 5.000 per kg. 

Kenaikan harga beberapa komoditi bahan pokok ini mempengaruhi penjualan para pedagang di Pasar Kahayan yang mengenai penurunan.

Baca juga: BREAKING NEWS, Kapolresta Palangkaraya Pimpin Pers Rilis Pengungkapan Kasus Pembunuhan Anang

Baca juga: Sosialisasi Pengelolaan dan Penggunaan Dana BOS Kapuas, Disdik Dorong Sekolah Penggerak

Baca juga: Kecelakaan Transportasi Sungai Kalteng Tinggi, Basarnas Tempatkan 6 Personel Tiap Pos Sungai

"Tentu saja menurun penjualannya, kami berharap agar harga-harga bahan pokok stabil menjelang lebaran. Karena penjual dan pembeli merasa enak," tutur Zainal. 

Hal senada juga diungkapkan Anisa, seorang penjual sembako di Pasar Kahayan, jika beberapa bahan pokok saat ini ada yang mengalami kenaikan, penurunan dan adapula yang stabil. 

"Yang naik sekarang di tempat saya, cabai merah biasa dan bawang merah," jelas Anisa. 

Sementara itu, Hadriansyah, Kepala Bidang Perdagangan DPKUKMP Kota Palangkaraya membenarkan jika 3 komoditi Cabai merah biasa, bawang merah dan ketela pohon mengalami kenaikan

Untuk Cabai rawit merah atau hijau mengalami penurunan. Saat ini Rp 60 ribu per kg yang sebelumnya Rp 80 ribu per kg. Serta Daging ayam broiler Rp 38 ribu per kg, sebelumnya Rp 40 ribu di Pasar Kahayan

"Harga daging sapi Rp 140 ribu yang bagus di Pasar Kahayan, tetap tidak mengalami kenaikan saat ini," tutur Hadriansyah. 

Untuk menjaga kestabilan dan lonjakan harga beberapa komoditi bahan pokok di Palangkaraya, pihaknya akan secara berkala mengecek harga bahan pokok menjelang dan paska hara raya Idul Fitri. 

"Kami akan memantau dan mengecek harga bahan pokok secara berkala di Palangkaraya. Mengantisipasi lonjakan harga agar stabil serta memastikan ketersediaan barang," pungkas Hadriansyah. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved