Ramadhan 2022

Kue Basah Amparan Tatak Menjadi Khas dan Wajib Ada saat Bulan Ramadhan di Palangkaraya

Jajanan Amparan Tatak ini kerap ditemui dan wajib ada saat bulan Ramadhan untuk disantap saat berbuka puasa di Palangkaraya, sehingga banyak yang jual

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Jajanan Amparan Tatak di salah satu Pasar Wadai Ramadhan, Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA- Warga Kota Cantik Palangkaraya sudah tidak asing dengan jajanan saat bulan Ramadhan seperti Amparan Tatak.

Jajanan ini kerap ditemui dan wajib ada saat bulan Ramadhan untuk disantap saat berbuka puasa, karena mengandung tepung beras dan santan yang kaya akan serat gizi.

Seperti di jumpai Pasar Wadai Ramadhan 2022, area Masjid Shalahuddin, Jalan Yos Sudarso Palangkaraya. Di mana banyak dijumpai penjual menawarkan jajanan khas ini.

Dengan harga Rp 15 ribu, pengunjung dapat membawa pulang satu potong jajan Amparan Tatak dan menikmati bersama keluarga saat berbuka puasa.

Sekilas mirip jajan nagasari, namun cara pembuatan makanan ini sedikit berbeda. Lembut, manis, dan gurih menyatu padu dalam satu gigitan di Amparan Tatak.

Baca juga: Tadarus Ramadhan 2022: Surat Al Mumtahanah Lengkap Tulisan Arab, Latin, Terjemahan & Keutamaannya

Mama Yuni salah satu penjual jajan Amparan Tatak menjelaskan, cara pembuatan dan resepnya. Ternyata jajan itu Ada lapisan atas dan bawah.

"Untuk lapisan bawah, bahan yang disiapkan tepung beras 100 gram, santan  300 ml, gula pasir  55 gram, vanili bubuk, Garam, daun pandan, pisang raja potong kotak kecil  6 buah," kata Mama Yuni, kepada Tribunkalteng.com, Sabtu (9/4/2022).

Sedangkan untuk lapisan atas tepung beras 25 gram, santan kental  250 ml, gula pasir dan garam.

Kemudian, panaskan kukusan, rebus santan bersama gula, garam dan daun pandan hingga didih serta larut, campurkan tepung beras dan vanili dalam baskom.

Tuang rebusan santan yang masih panas sedikit-sedikit. Terus aduk adonan hingga halus dan licin. Ambil 3/4 bagian adonan tersebut, tuang ke loyang yang sudah dioles minyak goreng dan kukus adonan 15 menit.

Sementara itu, campur 1/4 adonan sisa dengan pisang raja. Aduk rata. Setelah 15 menit, tuang adonan pisang di atas lapisan kukusan tadi. Lanjut kukus kembali sekitar 15 menit.

Baca juga: Bulan Ramadhan 2022 Covid-19 di Palangkaraya Menurun, 18 Kelurahan Kembali Zona Hijau

Baca juga: Update Jadwal Imsak Ramadhan 2022 Wilayah Palangkaraya, ini Pesan Ustadz Abdul Somad

Untuk membuat lapisan atas, campur semua bahan untuk lapisan atas. Rebus adonan hingga meletup. Matikan api, aduk hingga adonan mulus licin tidak bergerindil.

Tuang adonan di atas lapisan pisang. Kukus kembali sekitar 20-25 menit. Setelah matang, keluarkan dari kukusan. Biarkan hingga benar-benar dingin dan potong. Jajan Amparan Tatak siap disajikan.

"Ini merupakan resep bagi dikonsumi sendiri, jika untuk dijual tentunya akan lebih banyak bahan yang diperlukan sesuai berapa produksi Amparan Tataknya," pungkas Mama Yuni. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved