Breaking News:

Berita Kaltara

Satlantas Tarakan Amankan Pelaku Balapan Liar, Kerap Muncul saat Ramadhan & Meresahkan Masyarakat

Sejumlah titik yang kerap menjadi lokasi balapan liar selepas salat Subuh di antaranya ada di daerah Jalan Yos Sudarso dan Jalan Mulawarman Tarakan

Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Aksi balapan liar di daerah Jalan Yos Sudarso pantauan TribunKaltara.com, Rabu (6/4/2022) selepas salat Subuh 

TRIBUNKALTENG.COM, TARAKAN – Membuat resah masyarakat dan membahayakan diri sendiri balapan liar, yang kerap muncul saat Ramadhan tiba di Kota Tarakan. Terlebih pelakunya ternyata rata-rata anak di bawah umur.

Sejumlah titik yang kerap menjadi lokasi balapan liar selepas salat Subuh di antaranya ada di daerah Jalan Yos Sudarso dan Jalan Mulawarman, hingga daerah Lingkas Ujung area Jembatan Besi.

Diakui Kasat Lantas Polres Tarakan, AKP Rully Zuldh Fermana melalui Kaur Bin Operasi (KBO), IPTU Imran, ia membenarkan fenomena balapan liar yang selalu kerap muncul setiap tahunnya di momen-momen Ramadan.

“Anak-anak kita yang berjiwa muda tapi tidak memikirkan keselamatan dirinya maupun keselamatan orang lain melakukan balapan liar,” beber IPTU Imran.

Sebenarnya pihaknya bukannya membiarkan. Bahkan sejak awal Ramadan dimulai pada 3 April 2022 lalu, sudah ada patroli dilakukan oleh personel Satlantas Polres Tarakan.

Baca juga: Bantu Amankan Balapan Liar, Ketua ERP Jadi Korban Tabrak Lari Pelaku Balap Liar Palangkaraya

Namun rupanya, pelaku balapan liar lanjutnya, pandai membaca situasi pada saat ada petugas berada di lokasi, seolah tak ada balapan liar.

“Saat ada patroli, mereka tidak melakukan kegiatan. Begitu polisinya mulai berpatroli bergeser, mereka kembali melakukan aksinya,” akunya.

Mulai Senin kemarin lanjutnya, ia mengubah strategi dan melakukan patrol stanby di lokasi yang kerap jadi lokasi balapan liar atau familiar dikenal bali.

 “Seperti di daerah Al-Maarif kami tempatkan personel Lantas dan Sabhara, Jalan Mulawarman sampai depan bandara juga kami tempatkan personel yang sama,” ujarnya.

Kemudian di jadwal lainnya, ada patroli yang juga dilaksanakan masing-masing polsek setempat di masing-masing kecamatan Kota Tarakan.

Kegiatan bali yang dilakukan pelaku, biasanya waktunya dimulai pukul 05.30 WITA mendekati pagi. Pihaknya pun sudah mengantisipasi dengan mengubah jadwal patroli.

Baca juga: 25 Sepeda Motor dan Pengendaranya Diamankan, Balapan Liar Bikin Resah Warga Palangkaraya

“Kami patroli stanby di tempat tungguin di lokasi,” ujarnya.

Pelaksanaan dari hari Minggu sampai hari Senin pihaknya mengamankan tujuh kendaraan sepeda motor dan saat ini disimpan di Polres Tarakan.

Dalam hal ini pelaku bali tetap dilakukan penilangan karena sangat jelas pelanggarannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved