Berita Palangkaraya

Realisasi Capaian Vaksin Booster Rendah di Kalimantan Tengah, Ini Penyebabnya

Rendahnya capaian vaksin booster di Kalimantan Tengah diakui Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Kalteng, Falery Tuwan, Ini penyebabnya

Editor: Sri Mariati
Dok Tribunkalteng.com
Pj Sekda Kalteng Nuryakin bersama unsur Forkompinda meninjau pelaksanaan vaksinasi booster di Gedung Palampang Tarung, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Rendahnya capaian vaksin booster di Kalimantan Tengah diakui Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Kalteng, Falery Tuwan.

Ungkap Falery hal itu dikarenakan, masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi ke seluruh fasilitas kesehatan yang sudah disediakan oleh pemerintah.

“Karena kurangnya atau rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk di vaksin lanjutan atau booster ini,” ujarnya kepada Tribunkalteng.com, beberapa hari lalu.

Menurutnya, rendahnya tingkat kesadaran masyarakat lebih disebabkan masyarakat sudah menerima vaksin sampai tahap II.

Padahal untuk vaksin booster lebih penting agar dapat menahan dan membentuk kekebalan imun tubuh secara lebih atau optimal.

“Maka hampir seluruh Kalteng capaian vaksin booster ini masih rendah hingga saat ini,” ucapnya.

Baca juga: Capaian Vaksin Booster di Kalteng Masih Rendah, Rerata Realisasi Seluruh Daerah di Bawah 25 Persen

Namun dengan persyarakat pelaku perjalanan yang baru dikeluarkan pemerintah mewajibkan masyarakat harus hingga vaksin booster atau tahap III.

Menjadikan strategi atau upaya pemerintah dalam percepatan vaksinasi tersebut seluruh Indonesia maupun di Kalimantan Tengah.

“Harapannya ini dapat menjadi upaya pemerintah untuk mempercepat vaksinasi merata secara keseluruhan,” terang Falery Tuwan.

Dirinyapun mengatakan, secara keseluruhan ketersediaan vaksin di Kalimantan Tengah masih cukup dan aman.

Di setiap daerah di fasilitas kesehatan masih tersedia, sehingga bagi masyarakat yang ingin vaksin, tinggal datang ke layanan kesehatan yang ada di masing-masing wilayah.

Baca juga: Andjar H Purnomo Sebut Ini Syarat Penerima Vaksin Booster di Kota Palangkaraya

Baca juga: Gerai Vaksinasi Dibuka di Kecamatan Pahandut dengan Doorprize Sembako Usai Salat Tarawih

“Silahkan datang saja, karena ketersediaan vaksin kita masih mencukupi dari jatah oleh pemerintah pusat,” beber Falery Tuwan.

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng ini mengharapkan, agar masyarakat sadar untuk mau dan datang ke fasilitas kesehatan untuk divaksin lengkap.

“Agar kita sama-sama bisa mencegah dan menekan penyebaran Covid-19, membentuk herd immunity dengan vaksinasi lengkap,” pungkas Falery Tuwan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved