Ramadhan 2022

NEWS VIDEO, Mutiara Ramadhan 2022 MUI Kalteng, Zakat Fitrah Bersihkan Puasa dari Perbuatan Sia-sia

Ramadhan 2022. Ada beberapa kewajiban yang dilakukan Umat Islam selama Bulan Ramadhan, selain berpuasa juga ada kewajiban menunaikan zakat fitrah.

Editor: Fathurahman

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Ramadhan 2022. Ada beberapa kewajiban yang dilakukan Umat Islam selama Bulan Ramadhan, selain berpuasa juga ada kewajiban menunaikan zakat fitrah.

Kewajiban membayar zakat fitrah ini masih serangkai dengan pelaksanaan kewajiban menjalankan Ibadah puasa di Bulan Ramadhan, yang biasanya pembayaran dilakukan di akhir Bulan Ramadhan.

Membahas Masalah Zakat Fitrah ini, 
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Tengah, DR H Khairil Anwar juga memberikan penjelasannya dalam mengisi tausiah Mutiara Ramadhan 2022 MUI Kalteng.

Tokoh Agama di Kalimantan Tengah ini, berkesempatan mengisi tausiah yang ditayangkan Tribunkalteng.com, Senin (4/4/2022). "Ada hadist Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang zakat fitrah," ujarnya.

Baca juga: PWNU Kalteng Sebut Kegembiraan Ramadhan 2022 Momentum Perbanyak Bersedekah

Baca juga: Berkah Ramadhan, Kurma di Palangkaraya Laris Diborong Pembeli, Sehari Raup Rp 10 Juta

Baca juga: Ajak Anak dan Istri Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Kawasan Pasar Kahayan Palangkaraya

Dijelaskan, dalam setiap pelaksanaan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan, juga dirangkaikan dengan kewajiban umat islam dalam membayar zakat fitrah dalam setiap tahunnya.

"Rasulullah menfadhukan setiap jiwa atau kaum muslim dewasa maupun anak-anak untuk membayar zakat fitrah di Bulan Ramadhan atau di akhir Bulan Ramadhan," ungkapnya.

Kewajiban membayar zakat fitrah tersebut tentu memiliki fungsi yang utama untuk membersihkan puasa dari perbuatan yang sia-sia dan perbuatan yang tidak baik.

Selain itu, juga sebagai makanan fokok bagi fakir miskin."Siapa yang menunaikan zakat fitrah sebelum pelaksanaan Idul Fitri, itulah zakat fitrah yang diterima.

Namun, jika pembayaran zakat fitrah ditunaikan setelah Idul Fitri tanpa adanya halangan syar'i maka zakat yang dibayarkan tersebut hanya sekadar sadakah biasa saja.

"Saya mengimbau dalam menunaikan zakat fitrah di Bulan Ramadhan tahun 1443 Hijriah ini, ditunaikan sebelum pelaksanaan Salat Idul Fitri atau menjelang berakhirnya Bulan Ramadhan," terangnya.(*)

 
 
 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved