Berita Kapuas

Warga Pulau Petak Kapuas Serahkan Bangau Tongtong ke BKSDA, Ditemukan di Pohon Randu

Warga di wilayah Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) selamatkan Burung Bangau Tongtong yang ditemukan di wilayah setempat.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Fathurahman
BKSDA untuk Tribunkalteng.com
Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I BKSDA Kalteng saat evakuasi Bangau Tongtong di Pulau Petak Kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS -  Warga di wilayah Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) selamatkan Burung Bangau Tongtong yang ditemukan di wilayah setempat.

Bangau tongtong termasuk burung yang dilindungi undang-undang. Tak ingin satwa ini punah,  warga melaporkannya ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng.

Pondok Pesantren Al Amin Desa Anjir Palambang Kecamatan Pulau Petak yang melaporkan hal tersebut ke pihak BKSDA, Kamis (31/3/2022).

Dimana sebelumnya ada warga di sana yang menemukan dan ingin menyerahkan Bangau Tongtong ke pihak yang bisa menangani dan mengevakuasi.

Baca juga: Hilal Tidak Terlihat saat Pemantauan Bulan di Palangkaraya Padahal Cuaca Cerah Berawan

Baca juga: Pembukaan Orientasi CPNS Kemenkumham Kalteng Tahun 2021

Baca juga: NEWS VIDEO, Jelang Pembukaan Pasar Wadai di Palangkaraya Pedagang Sambut Antusias

Informasi didapat Tribunkalteng.com, burung dengan nama latin Leptoptilos Javanicus itu ditemukan warga di pohon randu wilayah setempat.

Laporan tersebut ditindaklanjuti cepat saat itu juga oleh tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I BKSDA Kalteng.

Terkait hal ini, Kepala BKSDA Kalteng, Nur Patria Kurniawan melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, Jonet, dikonfirmasi Tribunkalteng.com, Jumat (1/4/2022) mengiyakan hal tersebut.

"Berawal dari laporan seorang netizen di akun media sosial facebook kami, tentang adanya satwa bangau tongtong pagi kemarin, maka di hari yang sama tim WRU SKW I langsung menindaklanjuti," katanya.

Dimana, lanjutnya, tim langsung menuju lokasi keberadaan satwa dilindungi tersebut di Pondok Pesantren Al Amin Desa Anjir Palambang Kecamatan Pulau Petak, Kapuas.

"Bangau Tongtong berjenis kelamin betina dan berumur sekitar satu tahun itu ditemukan warga di pohon randu dan dibawanya pulang," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved