Berita Kapuas

Saat Ramadhan Pelayanan Publik Tetap Optimal, Jam Kerja ASN Kapuas Mengalami Penyesuaian

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Saat Ramadhan, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kapuas pun mengalami penyesuaian.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com / fadly SR
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas, Aswan 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Saat Ramadhan, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kapuas pun mengalami penyesuaian.

Telah dikeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati tentang penetapan jam kerja ASN selama bulan Ramadhan mendatang.

Sebagai tindaklanjut pula SE Menpan-RB tentang penetapan jam kerja pegawai aparatur sipil negara pada Bulan Ramadhan 1443 Hijriah di lingkungan instansi pemerintah.

Kepala BKPSDM Kapuas, Aswan mengatakan hal tersebut dilakukan dalam rangka menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan efektivitas pelaksanaan tugas kedinasan ASN.

Baca juga: Ben Brahim Minta Jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas Tingkatkan Pelayanan Publik Bagi Masyarakat

Baca juga: Periksa 27 Saksi Tipikor Pembangunan Terminal Bunut Hilir, Kejari Tahan Pejabat Pemkab Kapuas Hulu

Baca juga: Jalan Kecamatan Kapuas Hilir Rusak Berat, Truk Tronton Ambles Ganggu Lalulintas Kendaraan

"Sehingga perlu untuk melakukan penyesuaian jam kerja pada bulan Ramadhan 1443 Hijriah," katanya, Kamis (31/3/2022) siang.

Dilanjutkannya, SE Bupati Kapuas tentang penetapan jam kerja ASN sudah ditetapkan.

"Ini langsung disampaikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujarnya.

Diketahui, dalam SE Bupati Kapuas tersebut jam kerja ASN pada bulan Ramadhan ditetapkan menyesuaikan hari kerja yang diberlakukan.

Bagi unit kerja yang memberlakukan lima hari kerja, hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08.00-15.00 dengan waktu Istirahat pukul 12.00-12.30 WIB.

Lalu, hari Jumat Pukul 08.00-15.30 dengan waktu istirahat pukul 11.30 - 12.30 WIB.

Lalu, untuk unit kerja yang memberlakukan enam hari kerja, Hari Senin sampai dengan Kamis dan Sabtu pukul 08.00-14.00, dengan waktu istirahat pukul 12.00-12.30 WIB.

Lalu, hari Jumat pukul 08.00-14.30 dengan waktu Istirahat pukul 11.30-12.30 WIB.

"Perlu jadi perhatian perangkat daerah pelaksanaan jam kerja selama bulan Ramadhan agar tidak mengurangi produktivitas dan pencapaian kinerja ASN dan kinerja organisasi," ungkapnya.

Terpenting pula, lanjutnya, jangan sampai mengganggu kelancaran penyelenggaraan pelayanan publik. "Optimalkan terus pelayanan publik," tandasnya.

Dalam SE Bupati Kapuas tersebut disampaikan pada angka 2 huruf a dan huruf b pada masa pandemi covid-19, berlaku bagi ASN yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (work from office) maupun di rumah atau tempat tinggal (work from home).

"Jam kerja efektif bagi unit kerja di lingkungan Pemkab Kapuas yang melaksanakan lima dan enam hari kerja selama bulan Ramadhan adalah tiga puluh dua jam, tiga puluh menit per minggu," pungkasnya.(*)

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved