Berita Palangkaraya

Tim ERP & Tim BPBD Evakuasi 6 Lokasi Pohon Tumbang Akibat Hujan dan Angin Kencang di Palangkaraya

Hujan disertai Angin Kencang terjadi malam hari Senin (28/3/2022) hingga Selasa dini hari luluh lantahkan pepohonan di sejumlah titik di Palangkaraya

Penulis: Pangkan B | Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTENG.COM/PANGKAN BANGEL
Tim ERP dan BPBD TRC Palangkaraya evakuasi pohon tumbang pada 6 lokasi berbeda di Kota Palangkaraya, Selasa (29/3/2022) dini hari. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Hujan disertai Angin Kencang terjadi pada malam hari Senin (28/3/2022), hingga Selasa (29/3/2022) dini hari yang luluh lantahkan pepohonan di sejumlah titik di Kota Palangkaraya.

Setidaknya terdapat enam lokasi terjadinya pohon tumbang dari malam hingga dini hari tadi.

Akibat pohon tumbang, bahkan sampai membuat tiang listrik ikut miring dan kabel listrik melintang di jalanan.

Ketua Tim Emergency Response Palangkaraya (ERP), Jean Steve Austen mengatakan, ia dan timnya sedang melakukan evakuasi dan pembersihan pada pohon tumbang.

“Ini adalah pohon keempat yang kami evakuasi dari laporan warga, masih terdapat 2 laporan lagi dari warga mengenai pohon tumbang,” ujarnya kepada Tribunkalteng.com, Selasa (29/3/2022) dini hari.

Dikatakan Jean, di mana saja lokasi terjadinya pohon tumbang yang terjadi di Kota Palangkaraya usai hujan lebat dan angin kencang.

Baca juga: NEWS VIDEO, Pemotor di Palangkaraya Dilarikan ke RS Tertimpa Pohon Tumbang

“Jalan Mahir Mahar, Jalan Pangeran Samudra, Jalan Bukit Keminting, Jalan DA Tawa, Jalan Argopuro yang saat ini kami lakukan evakuasi, dan Jalan S Parman yang masih menunggu untuk di evakuasi,” papar Jean.

Tim ERP melakukan evakuasi pohon tumbang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tim Respon Cepat (BPBD TRC).

Dalam proses evakuasi yang dilakukan, terjadi sedikit kendala sehingga mengganggu jalannya proses evakuasi.

“Setelah kami melakukan evakuasi pada 4 tempat kejadian perkara (TKP) pohon tumbang, rantai gergaji mesin atau sinsaw putus, sehingga kami harus meminta bantuan dari tim lain,” ungkap Jean.

Baca juga: Akses Jalan Mahir Mahar Palangkaraya Terhenti Akibat Pohon Tumbang Tutup Badan Jalan

Ia melanjutkan, pohon yang tumbang di 4 TKP sebelumnya berukuran besar dan memotong menggunakan golok akan memakan waktu cukup lama.

Jean pun memberikan sedikit imbauan pada warga Kota Palangkaraya. Agar saat ini untuk berhati-hati saat hujan tiba saat beraktivitas di luar rumah.

pohon tumbang di jalan Karakatau
Persoonel Tim ERP bersama lainnya membersihkan dahan pohon tumbang akibat diterjang angin kencang, Selasa (29/3/2022) dini hari tadi.

“Melihat situasi dan kondisi cuaca yang berubah-ubah, dimohon para warga Kota Palangkaraya berhari-hati saat berkendara di jalan terutama jalan yang terdapat pohon besar,” imbau Jean.

Baca juga: Hujan Disertai Angin Kencang Rawan Sebabkan Pohon Tumbang, Warga Palangkaraya Diminta Waspada

Ia menambahkan, tidak ada jalanan yang aman saat cuaca hujan lebat dan Angin Kencang, semua berbahaya diharapkan segera mencari tempat yang aman untuk berteduh.

“Kondisi cuaca yang ekstrem, tak ada jaminan pohon kecil maupun besar akan bertahan. Semua ada peluang untuk roboh dan menimpa warga, rumahnya, bahkan menutupi jalan,” tutup Jean. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved