Berita Kapuas

Persiapan Pilkades Serentak Kapuas, Panitia Pemilihan Tingkat Desa Mulai Dibentuk

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas terus melaksanakan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com / fadly SR
Sekda Kapuas Septedy didampingi Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas saat Rapat Koordinasi di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Senin (28/3/2022) sore. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas terus melaksanakan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022.

Rapat koordinasi pun dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Senin (28/3/2022) sore.

Bersama lintas sektor, Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Camat.

Membahas persiapan pelaksanaan Pilkades serentak tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2022 yang akan diadakan di 155 desa.

Baca juga: 155 Desa di Kapuas Pilkades Serentak Digelar Maret Mendatang, DPMD Proses Persiapan

Baca juga: Sambut Pilkades Serentak 2021, Ini Yang Dilakukan Dinas PMD Kapuas

Baca juga: Anggota Polsek Pahandut Tinjau Pembangunan Pasar Wadai di Jalan Ais Nasution Palangkaraya

Kini tahapan persiapan pun dilaksanakan. Dimana terungkap dalam rapat, per hari ini mulai dibentuk panitia pemilihan di desa.

"Ya, panitia saat ini sedang melakukan pembentukan panitia pemilihan kepala desa di tingkat desa yang dimulai pada tanggal 28 Maret sampai dengan 11 April 2022," kata Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Serentak Kepala Desa tingkat Kabupaten Kapuas, Ilham Anwar. 

Kemudian juga, lanjutnya, melakukan penyusunan jadwal dan tahapan pelaksanaan pilkades tahun 2022 yang masih bersifat tentatif.

"Nantinya akan ditetapkan di SK panitia pemilihan tingkat Kabupaten," ungkapnya yang juga Asisten I Setda Kapuas tersebut.

Ia berharap segala pelaksanaan yang dilakukan sesuai rencana.

Sebagaimana tujuan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak ini adalah dalam rangka untuk mengisi Jabatan Kepala Desa Definitif di 155 desa di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Sesuai prosedur dan ketentuan serta mekanisme yang berlaku, agar terpilihnya pemimpin desa yang berkualitas dan sesuai dengan aspirasi masyarakat desa," ujarnya.

Sementara itu Sekda Kapuas Septedy saat memimpin rapat mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2022 ini diharapkan menjadi momentum penting.

Yakni dalam melaksanakan demokrasi di Kabupaten Kapuas serta melakukan pemilihan kepala desa yang berkompeten memimpin daerahnya.

"Kegiatan rapat ini melibatkan banyak stakeholder dan ini sangat positif, berdasarkan pengalaman pemilihan selalu ada sengketa, namun demikian dengan rapat ini diharapkan itu dapat diminimalisir bahkan menghilang sehingga kegiatan pemilihan berjalan baik," ungkap Septedy.

Untuk itu, dirinya pun meminta kepada seluruh Instansi/OPD yang terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak ini agar dapat mendukung penuh suksesnya seluruh tahapan Pilkades sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing.

"Begitu juga dengan Camat agar pro aktif dalam membina, mengawasi dan memfasilitasi proses pelaksanaan Pilkades serentak diwilayahnya masing-masing serta mendorong partisipasi Pemdes untuk mensukseskan agenda penting ini," harap Septedy dalam sambutannya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved