Jokowi Ungkap Kejadian Mengerikan di Depan Peserta Sidang IPU, Perlu Aksi Nyata untuk Antisipasi

Ancaman kejadian mengerikan diungkap Presiden Jokowi (Joko Widodo) di depan para peserta sidang parlemen dunia (IPU)

Editor: Dwi Sudarlan
Via Tribun timur
Presiden okowi saat berkemah di lokasi IKN Nusantara beberapa hari lalu. Minggu (20/3/2022), Presiden Jokowi saat membuka sidang IPU di Bali mengungkapkan ancaman kejadian mengerikan yang perlu aksi nyata untuk mengantisipasi. 

TRIBUNKALTENG.COM, NUSA DUA - Ancaman kejadian mengerikan diungkap Presiden Jokowi (Joko Widodo) di depan para peserta sidang parlemen dunia (IPU).

Tak sekadar membuka sidang ke-144 IPU (Inter-Parlianmentary Union) di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3/2022), Presiden Jokowi juga memberi sambutan tentang kondisi duni saat ini dan tantangan yang harus dihadapi.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi negara-negara dunia itu adalah kejadian mengerikan ini.

Kejadian mengerikan apa yang dimaksud Presiden Jokowi?

Baca juga: Ternyata Ini Obrolan Presiden Jokowi, Marquez & Joan Mir, 20 Pembalap MotoGP Datang ke Istana

Baca juga: Panji Petualang Bongkar Fakta, Soal Tenda Presiden Jokowi Ditaburi Garam

Baca juga: Dukung IKN Nusantara, Jenderal Dudung Akan Tertibkan WA Group TNI AD Usai Disentil Presiden Jokowi

Menurut dia,  perubahan iklim adalah tantangan atau kejadian mengerikan yang akan terjadi bila pemerintah dan parlemen tidak berani menggerakkan kebijakan-kebijakan terkait hal tersebut.

"Tapi jangan melupakan bahwa kita menghadapi sebuah hal yang mengerikan kalau kita tidak berani memobilisasi kebijakan-kebijakan baik itu di parlemen maupun di pemerintah, yaitu perubahan iklim," kata Jokowi.

Presiden Jokowi pun menyatakan hal yang perlu menjadi sorotan dalam kesepakatan internasional adalah mengenai aksi nyata dari setiap agenda global, termasuk isu-isu terkait perubahan iklim.

"Sering kita bicarakan, sering dirumuskan dalam pertemuan-pertemuan global tapi aksi lapangannya belum kelihatan. Saya beri contoh transisi energi. Dari energi fosil ke energi terbarukan. Dari batubara ke renewable energy,” ujarnya.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mendorong negara-negara IPU melakukan aksi nyata untuk mengatasi dampak perubahan iklim

 Di antaranya adalah pendanaan iklim, investasi untuk renewable energy, dan transfer technology dari negara-negara maju kepada negara-negara berkembang.

“Saya sangat menghargai apabila parlemen negara-negara IPU bisa memobilisasi bersama pemerintahnya agar bisa betul-betul nyata, konkret, melaksanakannya," kata Jokowi.

“Kalau ini tidak real dilakukan, saya pesimis perubahan iklim betul-betul bisa kita cegah,” tandasnya.

IPU ke-144 yang digelar 20-24 Maret ini mengambil tema Getting to Zero: Mobilizing Parliaments to act on Climate Change” yang dianggap sangat relevan untuk dibahas. (*)

 

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Jokowi Blak-blakan Hal Mengerikan dalam Sidang ke-144 IPU, .

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved