Berita Kaltim

Banjir di Kaltim, Rumah Warga di Sangatta Terendam Air Hingga 2 Meter, Pemkab Dirikan Dapur Umum

Banjir di Kaltim, hujan deras dengan intensitas tinggi selama tiga malam terakhir, menyebabkan meluapnya air Sungai Sangatta di Kabupaten Kutai Timur

Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Kondisi Banjir di Kaltim melanda permukiman warga di Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Sabtu (19/3/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SANGATTA - Banjir di Kaltim, hujan deras dengan intensitas tinggi selama tiga malam terakhir, menyebabkan meluapnya air Sungai Sangatta di Kabupaten Kutai Timur.

Kondisi ini mengkibatkan kawasan padat penduduk di Kecamatan Sangatta Selatan terendam banjir.

Tak terkecuali sebagian rumah-rumah penduduk di Kecamatan Sangatta Utara juga ikut terdampak banjir.

Dinas Sosial Kutai Timur melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana), tengah melakukan pendataan terkait jumlah korban terdampak.

"Saat ini tim kami di lapangan masih mengumpulkan data terkait jumlah korban terdampak banjir," ucap Ketua Tagana Kutim, M Sadam Husain, Sabtu (19/3/2022).

Terdapat hambatan yang dialami tim Tagana dalam mengumpulkan data secara cepat karena rumah dari personel tagana juga ada yang terdampak banjir.

Baca juga: Banjir Terjang Kecamatan Lumbis Nunukan saat Warga Tidur Lelap, Ratusan Orang Panik Selamatkan Diri

Kendati demikian, Sadam memastikan pihaknya akan segera merekap data warga atau penduduk yang terdampak banjir guna memprediksi kebutuhan bantuan yang bisa disalurkan.

"Secepatnya kami lakukan pendataan, supaya selanjutnya nanti bisa disalurkan bantuan," ucapnya.

Terkait kawasan yang terdampak paling parah, Sadam menyebut sebagian besar kawasan padat penduduk di Kecamatan Sangatta Selatan mengalami banjir yang cukup dalam.

Bahkan, tim yang melakukan penyelamatan memberi informasi bahwa evakuasi harus dilakukan dengan menggunakan alat bantu, seperti perahu karet.

"Tim yang ke lokasi menyebut untuk melintas saja sampai harus benerang, jadi bisa dikatakan sudah melampaui ukuran tubuh orang dewasa, kira-kira lebih dari 2 meter," ucapnya.

Baca juga: Barabai Terancam Banjir, 13 Kali Jembatan Darurat Dibangun di Hantakan HST Kembali Putus

Dirikan Dapur Umum Darurat

Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur menjadi kawasan yang paling terdampak oleh bencana banjir.

Camat Sangatta Selatan, Vita Nur Hasanah mengatakan, hampir seluruh desa di wilayahnya terendam dengan ketinggian yang bervariasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved