Berita Kalsel

Banjir di Kalsel, Tim Gabungan Basarnas Banjarmasin Evakuasi Warga Tanahlaut Terjebak Banjir

Banjir di Kalsel, kali ini terjadi di Tanahlaut. Hujan dengan intensitas lebat dan durasi yang cukup lama mengguyur. Tim gabungan evakuasi warga

Editor: Sri Mariati
Basarnas Banjarmasin
Tim SAR Gabungan Basarnas Banjarmasin saat membantu mengevakuasi warga yang terdampak banjir di Tanah Laut, Selasa (8/3/2022) dini hari. 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN – Banjir di Kalsel, kali ini terjadi di Tanahlaut. Hujan dengan intensitas lebat dan durasi yang cukup lama mengguyur daerah tersebut.

Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin Al Amrad mengatakan, tim disiagakan untuk memberikan pertolongan dan mengevakuasi warga Tanahlaut yang daerahnya terdampak bencana Banjir di Kalsel.

"Satu tim Rescue Basarnas Banjarmasin menuju lokasi kejadian Banjir di Kalsel pada pukul 17.40 WITA untuk melaksanakan evakuasi warga terdampak banjir," katanya, Selasa (8/3/2022).

Kantor Basarnas Banjarmasin pun menerjunkan satu tim, untuk memantau dan mengantisipasi apabila ada warga terdampak banjir membutuhkan pertolongan maupun evakuasi.

Berdasarkan laporan yang diterima, intensitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi lama, mengakibatkan beberapa permukiman warga terendam, dengan ketinggian air antara 1 sampai 1,5 meter.

Baca juga: Banjir di Kalsel, Hujan Intensitas Tinggi Mengakibatkan Sungai Astambul Meluap Terendam Air

Baca juga: Banjir di Kalsel, Desa Lok Binuang HSS Mulai Terendam Air, Warga Belum Ada yang Mengungsi

Sebanyak tiga kecamatan terdampak banjir di Tanahlaut, di antaranya Kecamatan Panyipatan, Kecamatan Takisung, dan Kecamatan Pelaihari.

Menurut informasi tim di lapangan melalui koordinator lapangan Suwarto, tim telah berhasil melakukan evakuasi warga yang terdampak di Desa Karang Jawa, kemudian dibawa menuju halaman Desa Batu Tungku.

"Kami sempat mengevakuasi ibu-ibu dan anak-anak, tapi banyak juga warga yang memilih mengungsi ke rumah sanak keluarganya yang tidak terkena banjir," ujar Suwarto.

Baca juga: Banjir di Kalsel, Jalan A Yani Kota Amuntai HSU Terendam Jadi Tempat Anak Bermain Air

Tim Rescue Basarnas Banjarmasin pun tetap bersiaga di posko SAR Gabungan, yang ada di Kantor BPBD Tanahlaut.

Di posko tersebut terdiri dari beberapa tim rescue lainnya, di antaranya BPBD Tanahlaut, TNI/Polri, Dinas Sosial Tanahlaut, PMI Tanahlaut, dan rekan potensi SAR lainnya.

"Semoga banjir bisa berangsur surut, agar warga dapat beraktivitas kembali dengannormal," harapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Banjir Kalsel di Tanahlaut, Basarnas Banjarmasin Bersama Tim Sar Gabungan Bantu Evakuasi Warga.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved