Sidang Kades Kinipan

Eksepsi Kades Kinipan Ditolak Majelis Hakim, JPU Sebut Bentuk Penegakan Pemberantasan Korupsi

Eksepsi Kades Kinipan Wilem Hengki ditolak majelis hakim pada sidang keempat di Pengadilan Tipikor Palangkaraya, Senin (21/2/2022)

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Tim JPU Kejari Lamandau diwawancarai usai mengikuti persidangan dugaan Tipikor Kades Kinipan Wilem Hengki di PN Tipikor Palangkaraya, Senin (21/2/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Pada sidang keempat kalinya digelar di Pengadilan Tipikor Palangkaraya, eksepsi kuasa hukum terdakwa Wilem Hengki Kades Kinipan, Kecamatan Batang Kawa, Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng) ditolak oleh Majelis Hakim.

Dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim  Erhammudin, persidangan sempat terjadi saling menanggapi antara penasihat kuasa (PH) dan Jaksa Penuntut Umum (JPU), apakah persidangan dapat menghadirkan saksi secara online, mengingat hari senin dan kamis depan merupakan hari merah.

Namun Ketua Majelis memutuskan sidang akan dilanjutkan dua minggu ke depan, dengan agenda pembuktian dan menghadirkan saksi yang berjumlah 5 orang di Pengadilan Tipikor, Palangkaraya.

"Saksi-saksi sesuai dengan yang di berkas, seperti Kades Kinipan sebelumnya dan kontraktor," jelas Okto Samuel Silaen, Senin (21/2/2022).

Baca juga: PH & JPU Nyaris Baku Hantam, Saling Pertahankan Argumen Pada Sidang Dugaan Tipikor Kades Kinipan

Dengan ditolaknya eksepsi kuasa hukum terdakwa, pihak JPU merasa bersyukur.

Menurutnya Okto, apa yang dilakukan adalah bentuk penegakan keadilan memberantas korupsi.

Dirinyapun membantah, jika kasus terdakwa dikait-kaitkan dengan perjuangan masyarakat adat laman Kinipan dan kriminalisasi.

"Tidak ada kaitannya dengan itu, ini murni pribadi Wilem Hengki sebagai aparat desa yang dipercaya mengelola keuangan desa," tegas Okto.

Di sisi lain, Aryo yang sempat terprovokasi dengan pertanyaan kenapa tidak melapornya terdakwa kepada JPU sampai hari ini.

Baca juga: Penasehat Hukum Kades Kinipan Wilem Hengki Keberatan Dakwaan JPU

Baca juga: Koalisi Gerakan Solidaritas Kinipan Unjuk Rasa di Pengadilan Tipikor Palangkaraya, Ini Poin Tuntutan

Dia mengklarifikasi jika tangung jawabnya menghadirkan terdakwa ke persidangan.

Menurutnya, terdakwa selama ini kooperatif dan dengan adanya pertanyaan tersebut yang dilontarkan di luar persidangan membuatnya naik pitam, sehingga cekcok nyaris baku hantam.

Unjuk Rasa di Depan PN Tipikor PKY
Unjuk Rasa koalisi Masyaraat Kinipan digelar di depan PN Tipikor Palangkaraya pada sidang keempat sidang dugaan tipikor Kades Kinipan Wilem Hengki, Senin (21/2/2022).

Massa di luar berjumlah ratusan pun dihadiri oleh masyarakat Kinipan sempat memanas dengan orasi-orasi yang dilontarkan.

"Jujur kami kecewa keputusan Majelis Hakim tidak mempertimbangkan eksepsi yang kami ajukan satu pun namun kami tetap menghormati," pungkas Aryo. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved