Berita Palangkaraya

Narkoba Kalteng, BNNP Ungkap Sindikat Pengedar Sabu dari Kalsel & Kalbar Menuju Kalteng

Narkoba Kalteng, BNNP Kalteng berhasil mengungkap tiga kasus peredaran narkotika jenis sabu dalam kurun waktu awal tahun 2022, dari Kalbar dan Kalsel

Penulis: Pangkan B | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Pangkan Bangel
Narkoba Kalteng, tersangka pengedar dan sindikat narkotika jenis sabu, saat pers rilis di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (BNNP Kalteng), Rabu (16/2/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Narkoba Kalteng, peredaran narkotika jenis sabu di Kalimantan Tengah semakin marak terjadi. Masih di awal 2022, sudah ada kasus peredaran narkotika yang diungkap.

Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (BNNP Kalteng), juga berhasil mengungkap 3 kasus tindak pidana peredaran gelap narkotika sabu kurang lebih dua bulan ini.

Hal itu terungkap saat pers rilis BNNP Kalteng yang berlokasi di Jalan Tangkasiang Nomor 12, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan mengatakan, BNNP Kalteng berhasil mengungkap tiga kasus peredaran gelap narkotika jenis sabu.

“Pertama peredaran gelap narkotika jenis sabu rute Banjarmasin-Palangkaraya yang dilakukan oleh tersangka RM (42). Kedua, sindikat narkotika jenis sabu rute Pontianak-Palangkaraya yang dilakukan oleh oknum napi atas nama MR (44),” ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: Penangkapan Pengedar Narkotika Parenggean Kotim Disaksikan Ketua RT, Polisi Sita 2,6 Gram Sabu

Menurut Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan, sindikat narkotika jenis sabu rute Banjarmasin dengan tujuan Kampung Ponton yang dilakukan tersangka RH alias MY (42).

“Narkotika jenis sabu yang dibawa oleh RM sebanyak 23 gram, lalu MR dan sindikatnya sebanyak 612,23 gram, serta MY dan sindikatnya sebanyak 503,6 gram. Jika digabungkan berjumlah 1.138 kg sabu dari ketiga tersangka,” terangnya.

Ia mengatakan, para tersangka merupakan pengedar dan sindikat lintas provinsi yang menargetkan Kalteng sebagai tujuannya.

Bahkan Kampung Ponton pun kembali masuk dalam jaringan sindikat peredaran narkotika jenis sabu tersebut.

Baca juga: Bawa Narkoba Mahasiswa Kotim Dibekuk Saat Berkendaraan, Petugas Rampas 1,22 Gram Sabu

Di sisi lain, jaringan sindikat di rumah tahanan (rutan) kini menjadi salah satu target peredaran barang haram tersebut.

 “Para pelaku diamankan di tiga tempat dan waktu yang berbeda, namun berdekatan,” ujar Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan.

Tersangka RM berhasil diamankan saat berada di Jalan Trans Kalimantan Desa Pilang, Jabiren, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Lalu tersangka MR diamankan saat berada dalam bus dari Pontianak ke Palangkaraya di Jalan Tjilik Riwut Km 10, Bukit Tunggal, Jekan Raya, Kota Palangkaraya.

Sedangkan tersangka MY diamankan sindikatnya saat mengendarai mobil dari Banjarmasin ke Palangkaraya, di Jalan Mahir Mahar Km 16, Kalampangan, Sebangau, Kota Palangkaraya.

Baca juga: Warga Banjarmasin Diamankan Satresnarkoba Kapuas Kedapatan 2 Paket Sabu

Kasus peredaran narkotika yang sudah terungkap dan berhasil digagalkan, tidak akan membuat pelaku lainnya berhenti.

“Setelah berhasil menangkap tersangka pengedar dan jaringannya, kami akan terus mengungkap kasus peredaran barang haram tersebut ke depannya,” ujar Kepala BNNP Kalteng ini.

Ia juga meminta bantuan dari masyarakat apabila melihat atau menemukan peredaran sabu, agar segera melapor ke kepolisian.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Polda Kalteng, Polresta Palangkaraya, Polsek di Kalteng, dan masyarakat agar ikut membantu,” tutup Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved