Status 37 Daerah PPKM Level 3, Aturan Baru, Mal Tutup Pukul 21.00 WIB, Pasar Maksimal 20.00 WIB

Status PPKM Level 3 dan aturan baru dikeluarkan menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 yang dipicu oleh Varian Omicron

Editor: Dwi Sudarlan
Shutterstock via Tribunnews
Ilustrasi varian Omicron, saat ini kembali terjadi lonjakan Covid-19 sehingga 34 daerah berstatus PPKM Level 3 dengan aturan baru. 

TRIBUNKALTENG.COM - Kasus Positif Covid-19 kembali terjadi, sebanyak 37 daerah ditetapkan berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3, begini aturan terbarunya.

Status PPKM Level 3 dan aturan baru dikeluarkan menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 yang dipicu oleh Varian Omicron.

Di Jawa, pemerintah langsung menaikkan status PPKM di Jabodetabek, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, dan Bandung Raya naik menjadi PPKM Level 3.

Menko Maritim dan Investasi  Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sejumlah daerah aglomerasi akan berstatus PPKM Level 3.

Baca juga: Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 di Kalteng, Satgas Lakukan Penguatan Kapasitas Rumah Sakit

Baca juga: Positif Covid-19 Kembali Naik, GKE Sakatik Palangkaraya Batasi Jumlah Jemaat Hingga 30 Persen

Baca juga: Taman Pasuk Kameloh dan Nyahu Papan Taliwu Ditutup, Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Palangkaraya

"Berdasarkan hasil assesment saat ini, kami sampaikan bahwa aglomerasi Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya akan ke PPKM Level 3. Ini bukan karena tingginya kasus tetapi karena rendahnya tracing."

"Sementara Bali naik ke level 3 karena rawat inap yang meningkat," kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (7/2/2022), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Adapun pengetatan yang diambil kali ini berbeda dengan pengetatan yang diambil pemerintah beberapa bulan lalu saat menyikapi varian Delta.

Aturan baru PPKM Level 3 ini nantinya akan didetailkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Adapun untuk Bali, Luhut mengungkapkan, pergeseran menuju PPKM level 3 karena kondisi rawat inap di rumah sakit yang meningkat.

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, jumlah wilayah yang masuk dalam kriteria PPKM Level 3 di luar Jawa Bali meningkat menjadi 37 kabupaten/kota.

Hal ini bertambah dari sebelumnya hanya 3 wilayah PPKM Level 3.

Sementara PPKM Level 2 diterapkan di 259 kabupaten/kota dan PPKM Level 1 diterapkan di 90 kabupaten/kota.

"Dari segi level PPKM, kita melihat bahwa beberapa daerah ada penambahan. Di level 4 masih kosong (0 wilayah), level 3 ada 37 kabupaten/kota , level 2 ada 259 kabupaten/kota, dan level 1 ada 90 kabupaten/kota," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, Senin (7/1/2022).

Bertambahnya wilayah dengan asesmen level 3 di minggu kedua bulan Februari ini membuat Airlangga bakal melihat kapasitas respons seperti tingkat ketersediaan tempat tidur (BOR) rumah sakit.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved