Doa dan Amalan Islam

PBNU Putuskan 1 Rajab 1443 H Pada Kamis 3 Febuari 2022, Simak Jadwal Puasa Ayyamul Bidh

Keputusan PBNU tentang awal Rajab 1443 berdasar laporan tim rukyat yang tidak melihat hilal di seluruh Indonesia pada Selasa (1/2/2022

Editor: Dwi Sudarlan
media.irham.asia via tribuntimur.com
Ilustrasi bulan Rajab, salah satu bulan mulia bagi umat Islam. PBNU memutuskan 1 Rajab 1443 H jatuh pada Kamis (3/2/2022) besok. 

TRIBUNKALTENG.COM - Berbeda dengan yang beredar selama ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan 1 Rajab 1443 H jatuh pada Kamis, 3 Februari 2022 besok.

Mengutip nu.or.id, Keputusan PBNU tentang awal Rajab 1443 berdasar laporan tim rukyat yang tidak melihat hilal atau bulan di seluruh Indonesia pada Selasa (1/2/2022).

“Dari 22 titik lokasi rukyatul hilal bil fi'li yang tersebar di delapan provinsi, tidak satu pun yang berhasil melihat hilal. Rata-rata terhalang mendung dan hujan. Dengan demikian, maka umur bulan Jumadal Akhirah digenapkan (istikmal) 30 hari," kata Wakil Ketua Umum PBNU Bidang Keagamaan dan Hubungan Lembaga KH Zulfa Mustofa, Selasa (1/2/2022) malam.

Baca juga: Kapan Puasa Rajab dan Apa Keutamaannya? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad & KH Maimoen Zubair

Baca juga: AMALAN Dianjurkan di Bulan Rajab 1442 Hijriyah, Qadha Ramadhan Hingga Istighfar Pagi Sore 70 Kali

Sementara sesuai hasil konversi sistem penanggalan Masehi ke Hijriah, awal bulan Rajab 2022 pada hari ini, Rabu (2/2/2022). Juga hasil penanggalan yang dirilis oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Rajab adalah salah satu bulan mulia bagi sobat muslim sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 36. 

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ - ٣٦

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa."

Mengutip laman SD Islam Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kalsel, bulan Rajab bahkan disebut sebagai bulan dimulainya untuk persiapan jasmani, rohani, dan ekonomi menjelang ibadah di bulan Ramadhan.

Berikut keutamaan Bulan Rajab

Dimuliakan oleh Allah dengan seribu kemuliaan di hari kiamat.

Bulan Rajab adalah bulan yang disukai oleh Allah.

Kemuliaan bulan Rajab terdapat dalam malam Isra' Mikraj

Jika berpuasa sehari di bulan Rajab akan mendapatkan surga tertinggi (Firdaus) dan akan lipat gandakan pahalanya.

Puasa 3 hari di bulan Rajab akan dibuatkan parit yang panjang untuk menghalangi orang tersebut ke neraka (panjangnya setahun perjalanan).

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved