Berita Palangkaraya

Andalkan Food Estate, Provinsi Kalteng Siap Menjadi Wilayah Penyanggah Ibu Kota Negara

Provinsi Kalteng siap menjadi wilayah penyanggga ibu kota negara PPU Kaltim, dengan program andalannya adalah proyek pangan nasional Food Estate

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Pj Sekda Kalteng Nuryakin saat diwawancarai awak media di markas Korem 102/PJG, usai menghadiri kegiatan Mentoring Teritorial Kampung Berkah, Selasa (25/1/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), siap menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Pj Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin mengatakan, kesiapannya Kalteng menjadi wilayah penyanggah Ibu Kota Negara tak lepas dari letak geografis wilayah Kalteng berada di tengah Pulau Kalimantan.

Dengan andalan yang dimiliki Bumi Tambun Bungai, adalah menjadi daerah untuk pengembangan dan pembangunan program stategi pangan nasional Food Estate.

Sehingga pengembangan infrastruktur sedang gencar dilakukan oleh pemerintah provinsi Kalteng saat ini.

"Dilihat dari kekakayaan SDA Kalteng mampu menjadi wilayah penyangga Ibu Kota Negara kelak, karena sudah dipersiapkan," jelas Nuryakin Selasa, (25/1/2022) kepada Tribunkalteng.com.

Baca juga: Dukung IKN Baru Kaltim Polda Kalteng Bangun Mako Brimob Bataliyon C Kompi 2 di Murung Raya

Baca juga: Sejarah Nusantara Nama Ibu Kota Negara (IKN) Baru, dari Gadjah Mada hingga Ki Hajar Dewantara

Menurut Nuryakin, saat ini yang perlu ditingkatkan sekarang adalah SDM, karena Provinsi Kalteng tidak mungkin mengandalkan penduduk lokal saja.

"Tetapi juga penduduk berasal dari daerah lain, transmigrasi yang bisa mendukung terwujudnya Provinsi Kalteng sebagai wilayah penyanggah Ibu Kota Negara ," jelasnya.

Pemerintah Provinsi Kalteng saat ini, sedang berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM unggul asli daerah untuk mendukung pembangunan Provinsi Kalteng.

Tambah Nuryakin, melalui pengembangan berbagai sektor ekonomi, seperti pertanian, peternakan, perikanan, dan UMKM, yang disesuaikan dengan keunggulan dan kebutuhan spesifik di masing-masing wilayah.

Baca juga: Jalan Rusia Menjadi Salah Satu Sumbu Palangkaraya Saat Disiapkan Jadi Ibu Kota Negara

Adapun wujud keseriusan Pemerintah Provinsi Kalteng dalam hal UMKM tertuang pada misi pertama Kalteng Makin Berkah yaitu mempercepat pembangunan ekonomi yang produktif, kreatif dan berwawasan lingkungan.

Dengan adanya peningkatan kualitas dan kapasitas SDM masyarakat akan turut menyukseskan bahkan mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat asli Provinsi Kalteng.

“Generasi milenial Kalteng adalah harapan di masa kini dan masa yang akan datang, sebagai motor penggerak kemajuan Bumi Tambun Bungai Tanah Berkah Kalteng”, tutup Nuryakin. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved