Breaking News:

Berita Kalteng

Kadinkes Kalteng Suyuti Syamsul Tegaskan Hingga Saat Ini Belum Ada Terindikasi Omicron Masuk

Kadinkes Kalteng Suyuti Syamsul menegakan, hingga saat ini belum ada terindikasi omicron masuk ke Bumi Tambun Bungai, namun tetap terapkan Prokes

Editor: Sri Mariati
AFP/Justin Tallis
Ilustrasi varian baru virus corona, Omicron. Menkes Budi Gunadi Sadikin mengumumkan warga Indonesia terkena Omicron. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Walaupun Covid-19 varian baru Omicron sudah mulai terindikasi masuk dibeberapa provinsi di Kalimantan, diantaranya Kalimantan Barat.

Namun khusus di Kalimantan Tengah (Kalteng), hingga saat ini masih belum ada terindikasi omicron masuk ke Bumi Tambun Bungai ini.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Suyuti Syamsul saat dikonfirmasi Tribunkalteng.com, Sabtu (22/1/2022).

“Saya tegaskan hingga saat ini belum ada Omicron di Provinsi Kalteng ini,” ujarnya.

Diakui Suyut Syamsul, beberapa waktu lalu mengirimkan spesimen sampel yang terkonfirmasi Covid-19, diambil oleh pihaknya ke Jakarta untuk diteliti lebih lanjut.

Sesuai dengan prosedurnya penelitian sampel tersebut menggunakan metode Sekuens Genom untuk mengetahui jenis Covid-19nya.

Berdasarkan hasil pemeriksaaan tersebut tidak dimasukan ke New All Record (NAR). Apabila tidak ada di sistem NAR itu artinya tidak terdeteksi Omicron itu.

Baca juga: 20 Persen Jemaah Umrah Perdana 2022 Positif Covid-19, Belum Pasti Terpapar Varian Omicron

Baca juga: Antisipasi Varian Baru Omicron, Dinkes Kalteng Siapkan 650 Tabung Oksigen dan 1.627 Ruang Isolasi

“Karena kalau omicron kita akan cepat tahu kalau melalui sistem NAR tersebut, tapi kalau varian lain seperti yang ada sekarang tetap dihitung sebagai positif Covid-19 saja,” beber mantan Direktur RSJ Kalawa Atei ini.  

Walaupun begitu sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini akan indikasi Omicron masuk di Provinsi Kalteng, pihaknya mengirimkan sampel spesimen yang dicurigai varian Omicron.

“Tentunya kami akan terus mengirim sampel yang dicurigai varian Omicron ini, walaupun saya tegaskan lagi hingga saat ini belum terdeteksi masuk ke Provinsi Kalteng,” tegas kembali Suyuti Syamsul.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved