Kemenkumham Kalteng

Vaksinasi Anak dan Lansia Serta Vaksinasi Booster di Kanwil Kemenkumham Kalteng Berjalan Lancar

Kanwil Kemenkumham Kalteng menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal untuk anak dan lansia serta Vaksinasi Booster

Editor: Dwi Sudarlan
Kemenkumham Kalteng
Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya memberi bingkisan untuk anak peserta kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal untuk anak dan lansia serta Vaksinasi Booster, di Aula Mentaya, Kanwil Kemenkumham Kalteng, Jumat (21/1/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Menghitung hari sebelum acara puncak Pelaksanaan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 Tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah (Kanwil Kemenkumham Kalteng) melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal.

Kegiatan vaksinasi massal di Aula Mentaya Kanwil Kemenkumham Kalteng itu ditujukan untuk anak usia 6-11 tahun dan lanjut usia.

Selain itu juga diadakan  pelaksanaan vaksinasi booster (dosis lanjutan) untuk usia 18 tahun ke atas guna peningkatan antibodi setelah menerima vaksin dosis pertama dan kedua dengan jangka waktu setelah 6 bulan.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Palangka Raya dan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng), Jumat (21/01/22).

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya memberi sambutan pada kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal untuk anak dan lansia serta Vaksinasi Booster, di Aula Mentaya, Kanwil Kemenkumham Kalteng, Jumat (21/1/2022).
Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya memberi sambutan pada kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal untuk anak dan lansia serta Vaksinasi Booster, di Aula Mentaya, Kanwil Kemenkumham Kalteng, Jumat (21/1/2022). (Kemenkumham Kalteng)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran Nomor: HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster). SE ini ditujukan kepada para kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota serta kepala/direktur rumah sakit (RS) dan kepala/pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di seluruh Indonesia.

“Vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan,” ujar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu di Jakarta, Kamis (13/1/2022). 

Diungkapkan bahwa hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada enam bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap.

Oleh karena itu dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Pemberian vaksinasi booster ini juga telah disarankan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal untuk anak dan lansia serta Vaksinasi Booster, di Aula Mentaya, Kanwil Kemenkumham Kalteng, Jumat (21/1/2022).
Kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal untuk anak dan lansia serta Vaksinasi Booster, di Aula Mentaya, Kanwil Kemenkumham Kalteng, Jumat (21/1/2022). (Kemenkumham Kalteng)

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya didampingi Kepala Divis Administrasi M Ikmal Idrus menyampaikan kepada seluruh pendaftar vaksinasi dosis lanjutan serta anak-anak dan lansia dapat menerima dosis tanpa adanya keluhan yang sebelumnya memang dinyatakan sehat atau sedang tidak sakit.

“Bagi penerima vaksinasi anak yang dalam hal ini diundang dari Panti Asuhan Ayah Bunda kota Palangka Raya akan mendapat hadiah dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah,” ungkap Ilham Djaya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved