Sholawat Nabi

Amalan Sholawat Kamilah untuk Dapat Kemudahan Jalani Hidup, Simak Lirik dan Terjemahannya

Setiap orang tentu mengharapkan mendapat kemudahan dalam menjalani hidup, untuk sobat muslim bisa mengamalkan Sholawat Kamilah

Editor: Dwi Sudarlan
Freepik.com
Ilustrasi melantunkan Sholawat Kamilah yang memiliki keutamaan mendapat kemudahan dalam menjalani hidup. 

TRIBUNKALTENG.COM - Setiap orang tentu mengharapkan mendapat kemudahan dalam menjalani hidup, untuk sobat muslim bisa mengamalkan Sholawat Kamilah.

Selain Sholawat Kamilah, ada juga sobat muslim yang menyebutnya Sholawat Kamilat.

Terlepas dari perbedaan penyebutan Sholawat Kamilah atau Sholawat Kamilat, sholawat ini merupakan salah satu amalan untuk mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidup dan menjauhkan diri dari kesengsaraan.

Sehingga, selain memenuhi kewajiban sholat kita bisa menjadikan Sholawat Kamilah sebagai salah satu bacaan rutin pada saat waktu luang agar mendapat kemudahan dalam menjalani hidup.

Baca juga: Sering Diamalkan KH Maimoen Zubair, Ini Lirik & Terjemahan Sholawat Saduna Fiddunya, Viral di TikTok

Baca juga: Sobat Muslim Sedang Kesusahan? Amalkan Sholawat Nuril Anwar, Sempat Viral di Medsos, Simak Liriknya

Baca juga: Sholawat Ya Tarim Tentang Kota Seribu Wali Allah, Viral di Medsos Dilagukan Syakir Daulay

Arti Kamilat dari kata Kamilah berasal dari bahasa arab yaitu كَمِيْلَة yang artinya Sempurna.

Dengan demikian makna harfiah dari Sholawat Kamilah adalah permohonan keberkahan yang sempurna untuk Rasulullah 

Tujuan dari melantunkan sholawat adalah mendoakan kesejahteraan dan keselamatan serta berkah bagi Nabi Muhammad SAW, keluarga, anak, cucu, hingga seluruh keturunannya agar dilimpahi rezeki yang tak terhingga.

Dalam Qs. Al Ahzab ayat 56 Allah SWT berfirman sebagai berikut:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Rasulullah SAW merupakan utusan, rahmat dan suri tauladan umat Islam.

Salah satu cara selalu mengingat dan meneladani Rasulullah SAW adalah dengan ber-sholawat.

Berikut bacaan Sholawat Kamilah lengkap dengan tulisan Arab, latin dan terjemahan:

اَللهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامَّاعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allaahumma shalli shalaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman 'alaa sayyidinaa Muhammadin al-ladzii yanhallu bihi al-'uqadu watanfariju bihi al-kurabu watuqdlaa bihi al-hawaaiju watunaalu bihi ar-raghaaibu wahusnu al-khawaatimi wayustasqa al-ghamaamu biwajhihi al-kariimi wa'alaa aalihii washahbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi'adadi kulli ma'luumin laka.

"Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi.

Dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau." (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved