Breaking News:

Berita Kaltim

Kawasan Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara di Kecamatan Pemaluan Diterjang Banjir

Banjir terjadi di Penajam Paser Utara tepatnya di kawasan Ibu Kota Negara di Kecamatan Sepaku, kelurahan Pemaluan, Jumat (14/1/2022) dini hari

Editor: Sri Mariati
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Kolase situasi banjir di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU. 

TRIBUNKALTENG. COM, PENAJAM – Banjir di Kaltim terus meluas, kali ini di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diterjang banjir, Jumat (14/1/2021) sekitar pukul 05.00 WITA.

Banjir merendam di kawasan Ibu Kota Negara (IKN), Kecamatan Sepaku, tepatnya Kelurahan Pemaluan.

Plt Kepala BPBD Penajam Paser Utara, Marjani, mengatakan BMKG telah memberikan peringatan dini akan terjadi hujan sedang ke lebat dan angin kencang, Kamis (13/1/2022) kemarin.

Kemudian terjadi hujan di wilayah Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku pada Kamis (13/1/2022) sekitar pukul 15.00 WITA berlangsung hingga pukul 19.30 WITA.

"Hal itulah yang mengakibatkan air sungai meluap dan berdampak pada naiknya tinggi muka air pada halaman dan rumah warga yang berada di wilayah rendah dan dekat pinggiran aliran sungai," ujar Marjani.

Baca juga: 17 Rumah Warga Desa Karang Jinawi Kecamatan Sepaku PPU Diterjang Banjir

Baca juga: Banjir di Kaltara Mensos Risma ke Desa Atap Nunukan Terdampak Banjir Parah, Dirikan Lumbung Sosial

Menurutnya, kondisi tersebut juga diperparah dengan aktivitas perusahaan yang sedang panen atau penebangan hutan tanaman industri.

Akibat banjir tersebut sebanyak empat RT di kelurahan tersebut terdampak.

Sementara itu kondisi terkini per pukul 08.20 WITA secara keseluruhan banjir cenderung pelahan turun.

Baca juga: Puluhan Rumah di Desa Tagul Banjir, Warga Sebut Banjir Masih Batas Normal Enggan Mengungsi

Berbagai pihak seperti Lurah Pemaluan, aparat Kelurahan Pemaluan, Ketua RT, Babinsa dan Bhabinkamtibmas terus melakukan penanganan serta memberikan imbauan kepada korban terdampak.

"Kami juga terus melakukan pemantauan kondisi update kejadian banjir di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku dengan aparat dan petugas terkait di wilayah masing masing," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Lokasi IKN Diterjang Banjir, 4 RT di Kelurahan Pemaluan Terkena Dampak, .

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved