Breaking News:

Berita Palangkaraya

Hera Nugrahayu: Dampak Penyetaraan Jabatan, Pejabat Tak Berkompeten Siap-siap ‘Terseleksi Alam’

Sekda Palangkaraya Hera Nugrahayu menegaskan penyetaraan jabatan struktural ke fungsional mempengaruhi kinerja dan kompetensi, siap-siap seleksi alam

Editor: Sri Mariati
Kompas.com/Aria Rusta Yuli
Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Sekda Kota Palangkaraya Hera Nugrahayu menegaskan, pelantikan pejabat eselon IV sebagai penyetaraan jabatan struktural ke fungsional tentu akan mempengaruhi kinerja dan kompetensi.

Menurutnya, jabatan fungsional yang lebih kepada bidang teknis tentunya menuntut pejabat untuk dapat menguasai tupoksi bidang kinerjanya.

“Tentunya akan kelihatan nantinya kompetensi dan kinerja para pejabat ini setelah adanya penyetaraan ini, maka siap-siap akan terlihat ‘seleksi alam’,” ujarnya kepada Tribunkalteng.com, beberapa hari lalu.

Hera Nugrahayu mengatakan, penyetaraan jabatan ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangkaraya, sesuai amanat dan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan efisiensi dan perampingan jabatan yang ada saat ini.

Baca juga: Hera Nugrahayu Tegaskan Tak Ada Penambahan Tekon Pemko Palangkaraya Tahun 2022

Baca juga: Hari Kedua Tahun Baru 2022 Tempat Wisata Kota Palangkaraya Masih Ramai Didatangi Pengunjung

Ditambah jabatan struktural sebelumnya bersifat kaku dan harus mengikuti birokrasi yang ada.

Sehingga terkadang menjadi hambatan jalannya roda pemerintahan yang harusnya bisa lebih fleksibel dan luwes oleh pejabatnya.

“Kalau dulu kan saklek ya, karena aturan yang kaku dan pola itu yang ingin diubah agar lebih baik kedepannya,” beber mantan Kepala Bappedalitbang ini.

Tambah wanita berhijab ini, ke depannya pejabat fungsional ini diharapkan mampu lebih mengembangkan kualitas dan kompetensi diri, sesuai bidang keahlian yang dimiliki.

Baca juga: Penghujung Tahun 2021, Sebanyak 266 Pejabat Eselon IV Pemerintah Kota Palangkaraya Dilantik

“Yang sesuai dengan bidang dan pendidikan akademisnya, maka akan mendapatkan pejabat yang berkualitas untuk membantu roda pemerintahan sesuai keahlian tadi,” ujar Hera Nugrahayu.

Walaupun begitu, ungkap Hera Nugrahayu untuk penerapan tupoksi jabatan fungsional ini masih harus dilakukan bertahap dan perlahan, disesuaikan dengan regulasi turunan dari pemerintah pusat.

Sangat diharapkan agar para pejabat fungsional ini dapat menguasai bidang kemampuan kompetensi mereka.

“Dengan demikian dapat mencetak pejabat yang andal di bidangnya, sesuai dengan program kerja serta inovasi yang dibuat,” pungkas Hera Nugrahayu.

Sebelumnya sebanyak 266 pejabat eselon IV Pemerintah Kota Palangkaraya dilantik, adanya pelantikan ini lebih kepada penyetaraan jabatan struktural ke fungsional. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved