Berita Gunung Mas

Jalan Palangkaraya-Gunung Mas Kalteng Rusak Parah, PBS Ikut Kerahkan Alat Berat

Kerusakan jalan arah Palangkaraya-Gunung Mas Kalimantan Tengah hingga, Selasa (28/12/2021) belum diperbaiki secara permanen.

Editor: Fathurahman
Istimewa
Alat berat dikerahkan untuk meratakan jalan dengan penimbunan pada spot jalan rusak di jalur Palangkaraya-Gunung Mas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALA KURUN - Kerusakan jalan arah Palangkaraya-Gunung Mas Kalimantan Tengah hingga Selasa (28/12/2021) ini belum diperbaiki secara permanen. 

Jalan rusak akibat aspal terkelupas sehingga membuat jalan berlumpur saat musim hujan dan terjadi spot lubang pada beberapa lokasi mengakibatkan kemacetan kendaraan yang lewat.

Beberapa warga yang ingin melintas mengaku kesulitan saat lewat jalan rusak apalagi saat musim hujan, banyak spot jalan berlumpur dan jalan berlubang yang menghambat perjalanan.

"Antrean kendaraan selalu terjadi karena cukup banyak spot jalan yang rusak karena jalan umum itu juga dipakai oleh angkutan tambang dan angkutan perkebunan kelapa sawit, jadinya jalannya makin hancur," ungkap Hamidan salah seorang sopir travel Palangkaraya-Gunung Mas.

Sementara itu, panjangnya antrean kendaraan di lokasi jalan rusak memaksa petugas kepolisian Polres Gunung Mas turun lapangan mengurai kemacetan kendaraan akibat jalan rusak.

Bahkan, Kapolres Gunung Mas AKBP Irwansah bersama jajarannya terjun ke lapangan untuk membantu mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan, Senin siang kemarin.

Bukan hanya itu, perusahaan besar swasta (PBS) Kebun Kelapa Sawit yang ada di daerah Rangan Tate, PT Hutan Produksi Lestari (HPL) membantu menurunkan alat berat untuk melakukan penimbunan jalan rusak.

Sejumlah alat berat tampak diturunkan ke lokasi untuk meratakan jalan berlubang yang ditimbun dengan tanah sehingga jalan menjadi padat dan mudah dilalui kendaraan yang lewat sehingga antrean pun menjadi berkurang.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR) Kalimantan Tengah, Shalahuddin, mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana hingga Rp 160 miliar untuk perbaikan jalan yang akan direalisasikn tahun 2022 mendatang.

Jalan arah Palangkaraya-Gunung Mas yang akan diperbaiki dari Desa Bukit Liti menuju Bawan berlanjut pada jalur Desa Bawan-Kuala Kurun dan Desa Linau-Tumbang Jutuh yang ada di Kabupaten Gunung Mas. 

Bukan hanya itu, beberapa jalur lainnya juga direncanakan juga akan diperbaiki menggunakan dana APBN dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR yakni jalan dari Kuala Kurun ke arah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved