Breaking News:

Berita Kalteng

Suyuti Syamsul Sebut Tak Ada Petunjuk Resmi, Kalteng Tak Bisa Laksanakan Vaksinasi Usia 6-11 Tahun

Kalteng belum bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usai 6-11 tahun karena belum ada petunjuk resmi dari pemerintah untuk vaksinasi tersebut

Penulis: Muhammad Lamsi | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Faturrahman
Kadiskes Kalteng, Suyuti Samsul. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Pemerintah pusat menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun dimulai besok, Selasa (14/12/2021).

Namun untuk Kalimantan Tengah, masih belum ada instruksi dari pemerintah untuk pemberian vaksin tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul.

"Sampai saat ini belum ada petunjuk resmi terkait Vaksinasi anak 6-11 tahun, kita tunggu saja aturan resminya," ujarnya kepadaTribunKalteng.com, Senin (13/12/2021).

Dengan begitu otomatis vaksinasi yang digelar serentak di seluruh provinsi di Indonesia besok, Kalimantan Tengah masih belum melaksanakan Vaksinasi anak.

Terpisah Ketua Harian Satgas Covid-19 Kalimantan Tengah Falery Tuwan, mengatakan bahwa sesuai instruksi Mendagri Vaksinasi anak usia 6-11 tahun, akan diberikan setelah daerah masing-masing sudah mencapai 70 persen target vaksinasi dosis pertama.

Baca juga: Menerima Vaksin, Pelajar di Kota Cantik Berharap Proses Kegiatan Sekolah Normal Kembali

Baca juga: Mulai Besok Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun, Orangtua Harus Paham dan Lakukan Ini

"Saat ini untuk Kalimantan Tengah sudah mencapai 67,03 persen, dan mudah-mudahan beberapa hari kedepan sudah mencapai target 70 persen," tegasnya.

Sebelumnya Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan Vaksinasi anak.

"Kami harapkan hari Selasa sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6-11 tahun," ungkap Maxi, Minggu (12/12/2021), dikutip dari laman Kemenkes.

Baca juga: Covid-19 di Kalteng, Vaksinasi Massal Akan Dievaluasi, Rentan Kerumunan Picu Klaster Penyebaran

Adapun jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun mencapai 26,5 juta, berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Maxi mengungkapkan, pelaksanaan Vaksinasi anak sesuai dengan Instruksi Presiden.

Seorang anak di Isral menjalani vaksinasi Covid-19, di Indonesia vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun dimulai Selasa (14/102/2021) besok.
Seorang anak di Isral menjalani vaksinasi Covid-19, di Indonesia vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun dimulai Selasa (14/102/2021) besok. (AFP/Menahem Kahana)

Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

"Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19," ucap Maxi. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved