Breaking News:

Jadwal Muncul Komet

Jadwal Hujan Meteor Geminid di Indonesia 14-15 Desember 2021, Berikut Lokasi dan Waktu Nonton

Jadwal Hujan Meteor menurut informasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ), berdasar kalender astronomi bulan Desember 2021.

Editor: Nia Kurniawan
Edukasi Sains Antariksa LAPAN via Tribunnews.com
Puncak Hujan Meteor Geminid. Jadwal Hujan Meteor menurut informasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ), berdasar kalender astronomi bulan Desember 2021. 

TRIBUNKALTENG.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ) telah merilis kalender astronomi bulan Desember 2021.

Ya, Kalender ini menginformasikan fenomena astronomis yang akan terjadi pada bulan Desember 2021 pekan kedua, yakni tanggal 9-15 Desember 2021.

Nah, berikut ini lokasi, waktu, dan cara melihat puncak hujan meteor Geminid yang akan berlangsung pada 14-15 Desember 2021.

Bahkan LAPAN juga menginformasikan fenomena astronomis ini melalui akun Instagramnya, @lapan_ri.

Baca juga: Link Jadwal Komet Leonard Muncul di Indonesia Desember 2021 Mulai Pukul 02.50 WIB, ini Kata LAPAN

Salah satu fenomena astronomis pekan kedua yang ditunggu-tunggu ialah Puncak Hujan Meteor Geminid.

Pengertian Puncak Hujan Meteor Geminid

Menurut Edukasi Sains Antariksa LAPAN, Puncak Hujan Meteor Geminid adalah hujan meteor utama yang titik radiannya (titik asal kemunculan meteor) berada di dekat bintang Alfa Geminorum (Castor) konstelasi Gemini.

Hujan meteor ini bersumber dari sisa debu asteroid 3200 Phaethon (1983 TB) yang mengorbit Matahari dengan periode 523,6 hari.

Puncak hujan meteor Geminid dapat diamati dengan mata telanjang.

Berbeda dengan fenomena astronomi lainnya, puncak hujan meteor Geminid ini justru wajib diamati tanpa menggunakan alat bantu apapun.

Waktu Menyaksikan Puncak Hujan Meteor Geminid

Mengutip dari laman Edukasi Sains Antariksa LAPAN, Puncak Hujan Meteor Geminid berlangsung mulai dari tanggal 14 Desember hingga 15 Desember 2021.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved