Breaking News:

Berita Kapuas

Menghadiri Pembukaan Rakercab HKTI Kapuas, Ini Harapan Sekda

Ini harapan Sekda Kapuas Septedy pada rakercab HKTI Kapuas yang berlangsung di Ballroom Permata Inn, Jalan Seroja Kuala kapuas

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Fadli SR
Sekda Kapuas Septedy (tengah) saat hadiri pembukaan Rakercab HKTI di Ballroom Permata Inn Jalan Seroja Kualakapuas, Sabtu (11/12/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALA KAPUAS - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat kerja cabang (Rakercab), Sabtu (11/12/2021) siang.

Rakercab diadakan di Ballroom Permata Inn, Jalan Seroja Kuala kapuas, diikuti pengurus DPC HKTI dan 12 Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) di Kapuas.

Sekda Kapuas, Septedy yang hadir saat pembukaan acara mengharapkan dari rakercab yang digelar HKTI Kapuas dapat menghasilkan program-program strategis.

Termasuk membela nasib para petani dalam meningkatkan kesejahteraan.

Ia berharap, HKTI Kapuas ke depan harus terus berkarya dan dapat mengambil peran strategis dalam memajukan sektor pertanian di Kabupaten Kapuas.

"Melalui rakercab HKTI Kapuas ini kami dari Pemerintah Daerah mengharapkan akan muncul program-program strategis dari HKTI Kapuas dalam rangka meningkatkan pendapatan para petani," ungkapnya didampingi Ketua DPC HKTI Kapuas, Supenpri.

Baca juga: HKTI Kapuas Gelar Rakercab, Persiapkan Program Kerja 2022 dan Serap Aspirasi Tani

Baca juga: Ini Hasil Kajian Ombudsman Kalimantan Tengah Terkait Kebijakan Pemkab Kapuas

Sekda Kapuas pun menuturkan bahwa Kabupaten Kapuas merupakan salah satu lokasi pelaksanaan program strategis nasional, program lumbung pangan nasional atau food estate.

"Melalui program food estate ini kami harapkan HKTI Kapuas ambil bagian. Sehingga nanti bisa mendukung pemerintah, juga para petani," lontarnya.

Selain itu juga, lanjut Sekda Kapuas, bahwa pemerintah saat ini telah memberikan kesempatan kepada para petani yang belum bersertifikat lahannya untuk memiliki sertifikat.

"Kami berharap ini bisa dimanfaatkan oleh para petani sehingga memiliki lahan yang bersertifikat. Ini sebagai salah satu syarat untuk akses ke Perbankan misalnya," ujarnya.

Baca juga: Memperoleh Hasil Voting Tertinggi Kunanto Nahkodai Karang Taruna Kapuas Periode 2021-2026

Sehingga petani bisa mendapatkan akses permodalan dalam rangka menunjang usaha pertanian itu sendiri.

"Kami berharap ke depan petani di Kapuas menjadi petani yang independen, petani yang tidak tergantung lagi kepada pemilik modal atau tengkulak," harapnya.

Terkait itu, tentu diharapkan melalui HKTI bisa sinergi dengan pemerintah dan petani. "Mewujudkan kesejahteraan petani dengan sinergi bersama," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved