Berita Kalteng

KLHK Bekerjasama Dengan Kelompok Tani dan PBS Sawit Untuk Pelestarian Hutan Kalteng

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggandeng perusahaan besar swasta (PBS) Kelapa Sawit dan Kelompok Tani untuk melestarikan hutan.

Editor: Fathurahman
istimewa
Penandatangan kerjasama pelestarian hutan oleh KLHK kelompok masyarakat dan Perusahaan perkebunan kelapa sawit di laksanakan di Palangkaraya, Jumat (10/12/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Upaya melestarikan hutan terus dilakukan oleh berbagai pihak diantaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menggandeng perusahaan besar swasta (PBS) Kelapa Sawit dan Kelompok Tani.

KLHK melalui Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Kalimantan mengandeng PT Bumitama Gunajaya Abadi (BGA) dan kelompok tani hutan (KTH) dalam pelestarian dan pemanfaatan hutan di Kalteng.

Kerjasama tersebut dilakukan melalui
penandatanganan MoU antara BPSKL dengan PT BGA dan KTH Sukses Maryam Sejahtera, Konsu Mandiri Sejahtera, dan KTH Mitra Pamaingan.

"Membangun perhutanan sosial bukan hanya tanggung jawab KLKH, tetapi ini juga tanggung jawab bersama. Sebab itu, adanya kemitraan dentan masyarakat dan kelompok tani hutan," ujar Kepala BPSKL Wilayah Kalimantan Nurhasnih, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Kapolresta Palangkaraya Apresiasi Kesiapan Kilinton Sihombing Jadi Relawan di Papua

Baca juga: Kilinton Sihombing Relawan Asal Kalteng Siap Mengabdi Untuk Masyarakat Papua

Baca juga: Disdagperinkop dan UKM Kapuas Gelar Pasar Murah untuk Warga di Lima Kecamatan

Dia meminta jangan sampai legalitas hanya dukomen dipegang untuk menunjukan kepemilikan kawasan hutan saja, tetapi harus digunakan untuk membangun dan mewarat hutan juga secara serius.

Ditegaskan, pengembangan usaha hutan harus dilakukan sesuai dengan ketentuan, sehingga semua bisa tertib dan teratur serta hutan dapat terjaga dengan baik. 

Sedangkan, Conservation Manager PT BGA Andi Muhamad Amin, menyambut baik adanya kerjasama tersebut."PT BGA telah melaksanakan kerjasama dengan Kelompok Perhutanan Sosial di Kabupaten Lamandau," katanya.

Ini meliputi kegiatan konservasi perhutanan sosial melalui rehabilitasi dan pengkayaan perhutanan sosial dengan skema Agroforestry, Pengembangan Hasil Hutan Kayu (HHK), Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), dan Jasa Lingkungan.

"Peningkatan kapasitas KPS melalui pendampingan dan pelatihan dan pendampingan laporan berkala ke KLHK," ucapnya.

BGA Group PBS Kebun Kelapa Sawit juga melakukan upaya pelestarian areal High Conservation Value (HCV), High Carbon Stock (HCS) dan lahan gambut, yang semuanya hampir mencakup 40 ribu ha. 

"Ini upaya mengurangi hilangnya habitat alami dan keanekaragaman hayati. Sebagai upaya perlindungan lingkungan, perusahaan melakukan beberapa program perlindungan," ujarnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved