Breaking News:

Berita Kalbar

Sejumlah Ruas Jalan Kota Pontianak Kalbar Terendam Akibat Air Sungai Kapuas Meluap

Pengendara yang ingin melewati sejumlah jalan di Kota Pontianak Kalbar mengeluh akibat geanngan air akibat Sungai Kapuas meluap, Rabu (8/12/2021).

Editor: Fathurahman
TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Banjir Rob yang terjadi di Jalan Tanjungpura Pontianak yang menyebabkan banyak pengendara roda dua mendorong sepeda motornya akibat mati mesin saat menerjang banjir, Rabu 8 Desember 2021. 

TRIBUNKALENG.COM, PONTIANAK - Pengendara yang ingin melewati sejumlah jalan di Kota Pontianak Kalimantan Barat mengeluh akibat geanngan air akibat Sungai Kapuas meluap, Rabu (8/12/2021).

Akibat banjir yang menggenangi Jalan membuat kendaraan yang melintas mengalami mogok di jalan karena busi kendaraan terendam air.

Banjir rob akibat luapan sungai Kapuas menggenangi Jalan Tanjungpura, Jalan Gajah Mada, Jalan Suprapto, Jalan Gusti Sulunglelanang, Jalan Tanjuraya 2, Jalan Sultan Hamid 2, Jalan Pahlawan, Jalan Hijas, Jalan Sutoyo, selain itu, banjir rob pun menggenangi sejumlah wilayah pemukiman warga yang berada di tepian Sungai Kapuas.

Di Jalan Tanjungpura Kota Pontianak, saat pasang maksimum terjadi pada sekira pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB, banyak pengendara roda dua yang terpaksa mendorong sepeda motornya akibat mogok saat melewati banjir.

Baca juga: Puspen TNI Publikasi Foto Pemeriksaan Anggota TNI Pukul Polwan Polda Kalteng di Palangkaraya

Baca juga: Tiga Rumah Kawasan Padat Penduduk Jalan Seth Adji Kualakapuas Hangus Terbakar

Baca juga: Pemanfaatan Ruang Tak Sesuai Rencana Tata Ruang Kota Palangkaraya Bisa Dikenakan Sanksi

Akibat Banjir Rob inipun arus lalu lintas di Jalan Tanjungpura padat merayap pada jam tersebut. Ketinggian air banjir rob di jalan Tanjungpura berkisar antara 20 cm sampai 30 Cm dengan titik terdalam berada di sekitaran Mall Ramayana Kota Pontianak, dimana tepat bersebelahan dengan mall tersebut merupakan anak sungai Kapuas.

Ahmad (30) satu diantara pengendara yang mengalami mogok mesin menyampaikan bahwa ia tinggal di wilayah kecamatan Pontianak Timur dan hendak pergi bekerja di wilayah kecamatan Kota Pontianak Barat.

Terkait banjir rob dan pasang maksimal ia sudah mengetahui informasi tersebut sejak beberak hari lalu, namun ia tak menyangka bahwa pada hari ini ketinggian air pasang membuat jalan protokol terendam hingga membuat motornya mogok.

"Tadi lewat agak kepinggir kiri ternyata disitu dalam, pas ada gelombang karena orang lewat langsung mati mesinnya,"ujarnya yang mengendarai motor metik.

Selain Ahmad, dari pantauan Tribun terdapat banyak lagi pengendara roda dua yang mengalami mogok mesin saat melintasi banjir Rob di jalan Tanjungpura.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui stasiun Meteorologi Maritim Kota Pontianak menyampaikan bahwa prediksi pasang maksimum dengan ketinggian air mencapai 1,7 meter akan dterjadi hingga tanggal 12 Desember mendatang. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Banyak Pengendara Sepeda Motor Mogok Saat Menerobos Banjir Rob Merendam Ruas Jalan di Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved