Berita Nasional

KPK Gelar Penghargaan ACFFest 2021, Kampanyekan Antikorupsi Lewat Film

KPK menggelar Malam Anugerah Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2021. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan kegiatan ini upaya pemberantasan korupsi

Editor: Sri Mariati
KPK untuk Tribunkalteng.om
Ketua KPK RI Firli Bahuri memberikan smbutannya pada acara malam Anugerah ACFFest 2021, Sabtu (4/12/2021) malam. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Lembaga Antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menggelar Malam Anugerah Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2021.

Dengan mengumumkan pemenang terbaik dan karya terpuji dari 5 kategori kompetisi ide cerita film, film pendek fiksi, animasi, dokumenter, serta vlog. Penyerahan penghargaan dilakukan Sabtu, (4/12/2021) sebagai rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021.

Malam penghargaan tersebut disiarkan secara langsung di stasiun televisi swasta serta kanal YouTube KPK pukul 20.00-21.00 WIB.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, upaya pemberantasan korupsi membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat dan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk.

Salah satunya melalui pendekatan seni. Itu sebabnya, kata Firli Bahuri, KPK menggagas festival film antikorupsi sebagai salah satu bentuk pendidikan antikorupsi bagi masyarakat.

Baca juga: Bupati HSU Kalsel Abdul Wahid Jadi Tersangka dan Ditahan, 20 Menit Punggungi Ketua KPK

Baca juga: News Video, HMI Kalteng Tuntut Ketua KPK Firli Bahuri Mundur saat Demo di Depan Kantor Gubernur

“ACFFest 2021 digagas karena KPK meyakini cerita dan visualisasi film sungguh menjadi kekuatan yang ampuh untuk mengajak seluruh masyarakat terlibat dalam upaya pencegahan korupsi,” ujarnya dalam siaran persnya, Minggu (5/12/2021) malam.

Oleh karena itu, katanya, KPK memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para peserta yang telah mengikuti festival film antikorupsi 2021.

Terang Firli Bahuri, antusiasme peserta menunjukkan kepedulian masyarakat untuk turut terlibat dalam pemberantasan korupsi dan perjuangan membebaskan Indonesia dari korupsi.

Sebab, lanjutnya, negara akan gagal mewujudkan tujuan nasional jika masih ada korupsi.

Baca juga: Takut Kena OTT KPK, Anggota DPR Ini Minta Bantuan Nyi Roro Kidul, Duit Rp 4 Miliar Amblas

“Mari kita satukan komitmen untuk berantas korupsi. Pemberantasan korupsi tidak akan berarti tanpa karya anak negeri,” tegasnya.

Mengangkat tema ‘Bangkit, Beraksi, Berkreasi’, tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan ACFFest 2021 di tengah pandemi dan kali ketujuh sejak diluncurkan pada 2013.

 Meskipun demikian, KPK berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan semangat bagi anak-anak muda untuk tetap berkarya, kreatif, dan kritis dalam mengampanyekan gerakan antikorupsi.

Selain itu, KPK juga berharap ACFFest 2021 dapat menjadi medium kampanye untuk mendorong masyarakat mengaplikasikan nilai-nilai integritas di dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: Aziz Syamsuddin Dicokok KPK, Ini Kata Petinggi Golkar soal Sosok Penggantinya di DPR RI

Tercatat total 424 proposal ide cerita film dan 455 karya film pendek dari berbagai genre film dari masyarakat. Dari 455 karya film pendek tersebut meliputi 300 fiksi komedi, 53 dokumenter, 24 animasi, dan 78 vlog. Karya-karya tersebut dikirimkan oleh para peserta yang berasal dari Aceh hingga Papua.

Adapun rangkaian kegiatan ACFFest 2021 dimulai sejak peluncuran program pada 1 September 2021, yang dilanjutkan dengan kegiatan webinar series teknis produksi film, Movie Camp bagi 10 finalis proposal ide cerita, dan kurasi serta penjurian karya film. Dari 10 film terbaik untuk masing-masing kategori, terpilih 3 film pemenang hasil pilihan dewan juri dan 1 film favorit pilihan KPK. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved