Breaking News:

Berita Palangkaraya

Bisnis Perhotelan di Kalteng Terus Membaik Tingkat Hunian Kamar Mengalami Kenaikan

Kepala BPS Kalimantan Tengah, Eko Marsoro, merilis tingkat hunian kamar tamu hotel berbintang dan non bintang di Kalteng terus mengalami kenaikan.

Editor: Fathurahman
BPS Kalteng untuk Tribunkalteng.com
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng Eko Marsoro saat memaparkan perkembangan bisnis hotel di Kalimantan Tengah, Rabu (1/12/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Badan Pusat Statistik  (BPS) mendata jumlah tamu hotel berbintang dan non bintang di Kalimantan Tengah terus mengalami perbaikan dengan bertambahnya tingkat hunian kamar hotel bintan maupun non bintang.

Kepala BPS Kalimantan Tengah, Eko Marsoro, saat merilis tingkat hunian kamar tamu hotel berbintang dan non bintang di Kalimantan Tengah menyebutkan terus mengalami kenaikan.

Dia menjelaskan, naiknya tingkat hunian kamar atau semakin banyaknya tamu yang menginap di hotel bintang dan non bintang yang ada di Kalteng menandakan perekonomian terus bergerak bangkit.

"Perkembangan Jasa Akomodasi Provinsi Kalimantan Tengah Oktober 2021 terus membaik dengan terjadinya peningkatan tingkat hunian kamar bintan dan non bintang," ujar Eko Marsoro, Rabu (2/12/2021) saat merilis perkembangan ekonomi Kalteng.

Baca juga: Kampung Berkah Korem 102 Panju Panjung Dapat Apresiasi Sekdaprov Kalteng, Dibentuk di 13 Daerah

Baca juga: Polda Kalteng Kirim 105 Personel Brimob ke Jakarta Amankan Reuni Aksi 212

Baca juga: Siwo PWI Kalteng Siap Sosialisasikan Program DBON Untuk Jadi Budaya Olahraga Masyarakat Kalteng

Dijelaskan, tingkat penghunian kamar hotel bintang selama Oktober 2021 mencapai 56,83 persen dan jumlah tamu menginap sebanyak 33.346 orang.

Sedangkan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang selama Oktober 2021 mencapai 56,83 persen, naik 10,59 poin dibanding September 2021 yang sebesar 46,24 persen. 

Demikian juga dengan TPK hotel non bintang sama dengan bulan lalu yaitu 18,95 persen.

Dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, TPK hotel bintang naik 3,36 poin, dan hotel non bintang turun 2,67 poin.

"Rata-rata lama tamu menginap (RLTM) di hotel bintang pada Bulan Oktober 2021 mencapai 1,60 hari, sementara hotel non bintang 1,10 hari," terang Eko Marsoro.

Secara kumulatif, jumlah tamu yang menginap pada periode Januari-Oktober 2021 mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya (Januari-Oktober 2020). 

"Hal ini mengindikasikan adanya perbaikan kondisi perekonomian khususnya pada sektor akomodasi sejak terjadinya pandemi Covid-19 di Kalimantan Tengah," ucap Eko Marsoro. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved