Breaking News:

Berita Kalsel

Banjir Kalsel, Aktivitas Jual Beli di Pasar Keramat Barabai Lumpuh Akibat Terendam Air

Banjir Kalsel melumpuhkan aktivitas jual beli di pasar Keramat Barabai yang terdampak banjir, banjir menimpa kawasan tersebut sudah ketiga kalinya

Editor: Sri Mariati
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Banjir Kalsel, Akses jalan yang terendam, menuju Pasar Keramat, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (27/11/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, BARABAI - Banjir Kalsel membuat sejumlah ruas jalan dan perumahan penduduk di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, kembali terendam air.

Dampak luapan air sungai barabai tersebut melumpuhkan perekonomian di Pasar Keramat Barabai, Kabupaten HST. Kejadian ini kali ketiga di minggu keempat November 2021.

Pantauan di lokasi bencana, sejak Jumat malam air secara perlahan menggenangi seluruh akses jalan di pertokoan.

“Pertokoannya terendam semua. Padahal baru saja kering setelah banjir sebelumnya,” kata pedagang buah yang masih berjualan di sekitar Pasar Agrobisnis Modern Barabai.

Meski semua toko tutup, untuk keperluan sayur, buah-buahan dan ikan, pedagang kaki lima masih berjualan dengan mengambil tempat di bahu jalan nasional, Jalan HM Syarkawii, sekitar pintu gerbang pasar.

Baca juga: Banjir Mulai Surut, Akses Pasar 2 dan Keramat Barabai Belum Aman Dilewati Kendaraan

Baca juga: Delapan Toko Hangus Terbakar di Pasar Keramat Barabai Hulu Sungai Tengah Kalsel

Baca juga: Banjir Kalsel, Trauma Healing Hibur Anak-anak Korban Banjir di Barabai HST

Sedangkan sembako, sebagian pedagang juga berjualan di atas mobil pikap.

Namun, tak banyak pedagang berjualan sehingga warga yang hendak berbelanja berbagai keperluan, terpaksa mencari toko sembako di luar pasar.

Menurut para pedagang, selama November ini, tak maksimal mencari nafkah. Sebab, dengan kondisi pasar yang tergenang air, pengujung pun sepi.

 “Ditambah lagi, Pemkab HST tetap memberlakukan portal parkir 24 jam, ini cukup memberatkan kami pedagang kecil,” kata salah satu pedagang buah.

Akses jalan masuk pasar Keramat Barabai, hingga sore tadi ketinggiannya antara 30 sentimeter sampai 50 sentimeter.

Aktivitas di Pasar Agrobisnis Modern Barabai, terlihat sejumlah pedagang masih berjualan sayur dan buah-buahan karena lokasi bangunan pasar tak tersentuh air. (*)

Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Banjir di Kalsel - Perekonomian Pasar Keramat Barabai Lumpuh, Semua Toko Tutup.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved