Breaking News:

Berita Palangkaraya

Banjir Palangkaraya, Harga Sayuran di Pasar Kahayan Melambung Tinggi Pasca Banjir

Banjir Palangkaraya, hampir sebagian jenis sayuran mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi dampak terjadi akibat banjir hal itu diungkapkan penjual

Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Sri Mariati
Banjir Palangkaraya, pedagang di Pasar Kahayan tampak barang dagangannya tidak begitu banyak karena pasokan sayuran berkurang akibat dampak dari banjir di Palangkaraya, Kamis (25/11/2021) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Harga berbagai jenis sayuran di Pasar Kahayan melambung tinggi, pasca banjir palangkaraya yang terjadi hampir 2 pekan lalu.

Kenaikan harga sayuran ini terjadi sekitar 3 hari lalu hingga saat ini. Hal itu diungkapkan sejumlah pedagang di Pasar Kahayan.

“Hampir semua jenis sayuran naik habis banjir palangkaraya ini,” ucap Usai kepada Tribunkalteng.com, Kamis (25/11/2021).

Usai mengatakan, untuk jenis sayuran seperti terong hargnya saat ini dia jual Rp23 ribu perkilonya, yang sebelumnya hanya dikisaran Rp13 ribu ribu perkilo.

Untuk sayur Kacang Panjang Rp20 ribu perkilo, yang sebelumnya hanya Rp14 ribu, gambas Rp15 ribu perkilo sebelumnya Rp8 ribu perkilo.

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Fairid Naparin Usulkan 5 Kecamatan Didirikan Lumbung Sosial Bencana

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Tri Rismaharini: Ibu Tolong Gantian, Nanti yang Lain Tidak Kebagian

Wortel dan Kentang saat ini harganya Rp25 ribu perkilo sebelumnya hanya Rp20 ribu, Bayam Potong Rp15 ribu ikat sebesar lengan orang dewasa yang sebelumnya hanya Rp8 ribu saja.

Sementara itu, untuk harga cabai Rp80 ribu perkilonya sebelumnya hanya Rp60 ribu perkilonya.

Dirinya menjelaskan, tingginya harga sayuran ini karena pasokan dari provinsi tetangga Kalsel harus tertahan akibat jalan kawasan Tumbang Nusa terendam banjir.

Ditambah daerah Kalsel ada beberapa yang terdampak banjir pula yang berpengaruh atau banyak yang tanaman yang rusak oleh banjir.

“Karena sayuran ini ada yang dibawa dari Barabai dan lainnya di Kalsel makanya tinggi ditambah di Tumbang Nusa antrean panjang membawa sayuran ke sini lambat,” terang Usai.

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Wakil Rakyat Ingatkan Warga Terdampak Waspadai Penyebaran Penyakit

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Camat Pahandut Keluhkan 550 Porsi Makanan, Padahal Pengungsi Tersisa 99 Orang

Sedangkan untuk harga ayam potong cenderung stabil atau normal, dengan kisaran harga ayam Rp39 ribu perkilonya.

Sedangkan untuk ayam kampung tetap dijual dengan harga Rp75 ribu perkilonya.

“Untuk harga ayam malah pas banjir beberapa hari lalu malah turun sampai Rp35 ribu perkilonya, sekarang saja naik sedikit jadi Rp39 ribu perkilonya,” ujar H Samsuri kepada Tribunkalteng.com.

Pembeli di Pasar Kahayan Ari mengaku kaget tingginya harga sayuran ini, dan mengeluhkan kenaikan harga yang begitu tinggi dari biasanya.

“Pastinya mengeluh ya harganya cukup mahal, dan kenaikannya tinggi sekali saya rasa dari harga normalnya,” tandas warga Kelurahan Palangka ini. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved