Breaking News:

Berita Palangkaraya

Banjir Palangkaraya, Fairid Naparin Usulkan 5 Kecamatan Didirikan Lumbung Sosial Bencana

Banjir Palangkaraya, Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin mengusulkan 5 kecamatan untuk didirikan lumbung sosial di kota. berdasarkan pemetaan bencan

Penulis: Muhammad Lamsi | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Lamsi
Banjir Palangkaraya, Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin saat di wawancara pasca rakor tanggap darurat bencana bersama Mensos Tri Rismaharini di Hotel M Bahalap, Kamis (25/11/2021) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pada rapat tanggap darurat daerah terdampak Banjir di Kalteng, bersama Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini, dengan Kepala Daerah Kalimantan Tengah.

Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin mengusulkan titik Lumbung Sosial di 5 kecamatan ketika banjir palangkaraya datang di Kota Cantik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin seusai rapat pemetaan dengan Mensos RI dan Kepala Daerah Kalimantan Tengah, Kamis (25/11/2021).

Fairid Naparin mengatakan, untuk titik pasti pembuatan Lumbung Sosial ini akan di berikan ke Mensos RI, setelah berkoordinasi dengan pihak terkait di Kota Palangkaraya.

"Saya beserta Pak Kapolresta dan Forkopimda akan berkoordinasi akan menentukan lagi titik koordinat terkait dengan pembuatan titik Lumbung Sosial," ujarnya.

Menurutnya, kriteria titik lumbung pangan ini adalah yang apabila terjadi banjir akses ke tempat itu terputus, maka di situlah perlu adanya Lumbung Sosial.

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Tri Rismaharini: Ibu Tolong Gantian, Nanti yang Lain Tidak Kebagian

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Banjir Kelurahan Kalampangan Palangkaraya Surut Pengungsi Kembali ke Rumah

"Tetapi bukan di titik banjirnya tentu saja di tempat yang tidak terkena banjir akan tetapi masih dalam satu kawasan.

“Contoh yang apabila terjadi banjir maka akses ketempat itu terputus adalah Danau Tundai, Bereng Bengkel, dan lainnya," jelas Fairid Naparin.

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Sampah Plastik Mendominasi Muncul saat Terjadi Banjir

Pemerintah Kota Palangkaraya pun mengusulkan 5 kecamatan yang ada agar dibuatkan Lumbung Sosial, karena berkaca dari banjir palangkaraya  yang baru terjadi semua kecamatan terdampak.

Adapun hal-hal yang perlu disiapkan di Lumbung Sosial tersebut adalah kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang terdampak banir.

"Di Lumbung Sosial kita akan menyetok suplai makanan tentu saja, ada juga mesin genset, perahu, penjernih air, dan lain-lain," tandas Fairid Naparin. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved