Breaking News:

Berita Kalteng

Banjir di Kalteng, Empat Daerah di Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Banjir di Kalteng, enam daerah di Kalteng hingga, Minggu (21/11/2021)masih banjir. Empat diantaranya telah menetapkan status tanggap darurat banjir.

Editor: Fathurahman
istimewa
Jalur Trans Kalimantan Poros tengah Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Pulang Pisau Kalteng, hingga Jumat (19\11\2021) banjir masih tinggi pengendara harus waspada untuk melintas. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Banjir di Kalteng,  sebanyak empat daerah di Provinsi Kalimantan Tengah hingga, Minggu (21/11/2021) telah menetapkan status tanggap darurat banjir untuk wilayahnya yang dilanda banjir.

Empat daerah tersebut adalah Kota Palangkaraya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Status tanggap daurat yang telah ditetapkan tersebut sudah disepakati dalam rapat koordinator (Rakor) yang digelar pada 19 November 2021 lalu dari enam kabupaten dan kota di Bumi Tambun Bungai yang dilanda banjir akibat sungai meluap.

Wakil Gubernur (Wagub)H Edy Pratowo mengatakan, di Kalteng saat ini ada 6 daerah yang dilanda banjir yaitu Kota Palangkaraya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Kabupaten Barito Selatan.

Baca juga: Diduga ODGJ, Kakek 85 Tahun Ditemukan Mengapung di Lokasi Banjir Gang Madura Palangkaraya

Baca juga: Banjir Kalteng, Mayjen TNI Suharyanto: Segera ke Lapangan Pastikan Langsung Warga Aman dari Bencana

Wagub H Edy Pratowo menekankan kepada Kabupaten dan Kota agar menyiapkan anggaran minimal 5 persen untuk penanganan bencana, khususnya banji yang terjadi hampir setiap tahun di Kalteng. 

"Anggaran ini harus benar-benar dipersiapkan dan dibedakan dengan anggaran Penanganan Covid-19,” ujarnya saat menghadiri rapat koordinasi membahas penanggulangan bencana banjir di Kalteng.

Banjir yang terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah, di sebagian kecamatan yang ada di Kabupaten dan Kota sudah mulai surut seperti di Katingan, namun untuk beberapa lokasi banjir yang merendam jalan trans kalimantan debit airnya masih tinggi.

Baca juga: Banjir Kalteng, Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto Tinjau Banjir di Palangkaraya dan Pulang Pisau

Baca juga: Banjir di 10 Kecamatan di Kapuas Hulu, 42.585 Jiwa Terdampak Banjir

Ini seperti di Jalan Trans Kalimantan arah Palangkaraya-Banjarmasin di Desa Tumbang Nusa Kabupaten Pulang Pisau juga di Desa Bukit Rawi dan Penda Barania Kabupaten Pulang Pisau arah Palangkaraya- Buntok.

Banjir yang melanda dua kawasan ini selain merendam permukiman warga setempat juga mengganggu lalulintas kendaraan yang menggunakan jalan umum penghubung antar kabupaten dan kota juga antar provinsi.(*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved