Breaking News:

Berita Kalteng

Gubenur Kalteng H Sugianto Sabran Dukung Interkoneksi Listrik Khatulistiwa Untuk Hilirisasi Industri

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mendukung Program interkoneksi sistem listrik Khatulsitiwa yang di programkan GM PLN Kalbar.

Penulis: Fathurahman | Editor: Fathurahman
istimewa
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mendukung Program interkoneksi sistem listrik Khatulsitiwa yang di programkan GM PLN Kalbar saat kunjungan kerja GM PLN kalbar Didik Mardiyanto ke Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG COM, PALANGKARAYA - Program interkoneksi sistem jaringan listrik regional kalimantan yang dilakukan PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) saat ini dukung Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

Program  PT PLN tersebut, sangat  strategis untuk mendukung program yang menjadi fokus utama pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian di antaranya ialah menjalankan tindak lanjut arahan presiden terkait hilirisasi industri.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, menyatakan dia  menyambut baik kunjungan GM PT PLN UIP KLB, Didik Mardiyanto  untuk pembangunan jaringan listrik sistem khatulistiwa tersebut karena akan mendukung peningkatan perekonomian di Kalteng.

“Kami siap mendukung dan membantu pembangunan proyek kelistrikan tersebut. Sinergitas antara pemerintah dan PLN harus kita pererat agar pembangunan kita bisa berjalan dengan lancar,” tutur Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam pertemuan bersama GM PT PLN Kalbar Didik Mardiyanto, Rabu (17/11/2021) di Palangkaraya.

Baca juga: GM PLN Kalbar Bertemu Gubernur Kalteng Bahas Interkoneksi Listrik Sistem Khatulistiwa

Baca juga: Willy M Yoseph Sebut 478 Desa di Kalimantan Tengah Belum Teraliri Listrik

Apalagi, Provinsi Kalimantan Tengah memiliki program strategis yang menjadi fokus utama pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian di Bumi Tambun Bungai ini.

Program tersebut diantaranya menjalankan tindak lanjut arahan presiden terkait hilirisasi industri seperti pembangunan pelabuhan utama, pembangunan shrimp estate, smelter dan lainnya.

PT PLN menyatakan siap untuk mendukung dan menyokong rencana-rencana tersebut dengan membangun infrastruktur kelistrikan yang memadai untuk menyuplai listrik demi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan iklim positif investasi di Kalimantan Tengah. 

Diharapkan dengan ketersediaan listrik yang memadai industri dapat tumbuh dan investasi di Kalimantan Tengah turut naik signifikan setelah adanya kesepahaman Pemprov Kalteng dan PT PLN.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menegaskan, pihaknya sangat serius mendukung program perluasan jaringan kelistrikan di Kalimantan Tengah serta mendukung PT PLN dalam meningkatkan keandalan suplai kelistrikan di Pulau Kalimantan. 

PT PLN dan Pemerintah Kalteng  memiliki tujuan yang sama melaksanakan pembangunan untuk kepentingan nasional khususnya bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Kami semua bersama dengan rekan-rekan dari kedinasan terbuka dan siap memberi dukungan kepada PT PLN. Yang terpenting adalah kita bisa saling komunikasi dan sinergi," tegas  H Sugianto Sabran.

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Petuk Katimpun Banjir Akibat Luapan Sungai Rungan

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Wali Kota Fairid Naparin: Jangan Sampai Ada Warga yang Terlantar dan Kelaparan

Interkoneksi pembangunan proyek kelistrikan di Kalimantan Tengah seperti pembangunan SUTT 150 kV Sampit-Kuala Pembuang, SUTT 150 KV PLTU Kalselteng-Kuala Kurun, SUTT Kuala Kurun-Puruk Cahu, dan GI yang berkaitan.

Reorganisasi yang dilakukan PT PLN pada tahun 2021 ini menjadikan wilayah kerja PT PLN UIP KLB yang dulunya hanya berada di Provinsi Kalimantan Barat meluas hingga ke Kalimantan Tengah hal ini mendukung percepatan tercapainya Kalteng bebas dari daerah yang belum teraliri listrik pada tahun 2023. (*)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved