Breaking News:

Berita Palangkaraya

NEWS VIDEO, Banjir Palangkaraya, Wali Kota Fairid Naparin Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Wali Kota Palangkaraya danFairid Naparin menetapkan kembali status tanggap darurat banjir Palangkaraya sejak 15 Noveber 2021

Editor: Sri Mariati
istimewa
Warga bantaran Sungai Kahayan di Jalan Mendawai Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Palangkaraya tetap tinggal di rumah banjir meski kondisi air sudah cukup tinggi, beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin, menetapkan kembali status Tanggap Darurat Banjir Kota Palangkaraya sejak Senin (15/11/2021).

Penetapan tersebut dikarenakan hampir wilayah Kota Palangkaraya saat ini terendam banjir, akibat hujan yang mengguyur kota dan kiriman air dari sejumlah wilayah.

“Mulai hari Senin (15/11/2021) Pemerintah Kota Palangkaraya menetapkan status tanggap darurat banjir untuk Kota Palangkaraya,” tegasnya, kepada Tribunkalteng.com di Rujab wali kota.

Fairid Naparin mengatakan, melihat kondisi banjir kali ini tergolong cukup parah jika dibandingkan 2015 lalu.

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Kawasan Pasar Kahayan Terendam Air Setinggi Betis Orang Dewasa

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Debit Air Kawasan Ponton Tinggi, Warga Buat Dipan Sementara untuk Istirahat

Sebab empat kecamatan di wilayah Kota Palangkaraya terendam banjir dan warga mulai dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Mulai dari tadi malam, beberapa kecamatan dan kelurahan waga mulai dievakuasi, dan sampai sekarang masih berlangsung karena debit air makin tinggi,” jelasnya.

Menurutnya, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama instansi terkait lainnya beberapa posko sudah didirikan.

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Dua Remaja Penyandang Disabilitas Dievakuasi dari Pertokoan Flamboyan Bawah

Diantaranya di Kecamatan Pahandut di Puskemas Pahandut, Pahandut Seberang, Jekan Raya Jalan Arut dan Pelatuk.

“Seperti di Pahandut, halaman SDN 1 Langkai untuk posko penampungan korban banjir, dan beberapa kelurahan lagi,” terang Fairid Naparin.

Selain itu, sejak tadi malam Minggu (14/11/2021) juga telah didirikan dapur umum, pelayanan kesehatan bagi korban banjir.

“Untuk logistik kami sudah siapkan semuanya, memastikan warga yang terdampak banjir ini mendapatkan pelayanan dan keperluan yang paling dibutuhkan,” ujar Fairid Naparin.

Sembari berjalan untuk penanganan banjir, wali kota pun melakukan rapat koordinasi bersama sejumlah instansi terkait.

Guna membahas strategi atau langkah dalam penanganan korban banjir di Kota Palangkaraya.

“Termasuk apa saja yang harus diprioritaskan dan kebutuhan mendasar dari warga itu yang perlu kami ketahui,” pungkas Fairid Naparin. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved