Breaking News:

Berita Palangkaraya

Banjir Palangkaraya, Dua RT Rumah Warga Tumbang Rungan Bantaran Sungai Kahayan Terendam Banjir

Banjir Palangkaraya, air bah yang melanda permukiman di bantaran Sungai Kahayan Palangkaraya hingga Senin (15/11/2021) terus meluas.

Editor: Fathurahman
istimewa
Banjir Palangkaraya, Warga bantaran Sungai Kahayan di Jalan Mendawai Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya Palangkaraya tetap tinggal di rumah banjir meski kondisi air sudah cukup tinggi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Banjir Palangkaraya, genangan air yang melanda permukimman warga di beberapa kawasan bantaran Sungai Kahayan Palangkaraya hingga Senin (15/11/2021) terus meluas.

Debit air Sungai Kahayan Palangkaraya makin tinggi sehingga rumah warga yang terendam banjir akibat luapan sungai tersebut makin banyak dan makin tinggi.

Permukiman warga yang terendam bukan hanya di kawasan Jalan Mendawai, jalan Anoi, Rindang Banua, Flamboyan bawah tetapi juga di permukiman warga di Tumbang Rungan.

Informasi terhimpun menyebutkan, Sebanyak 2 RT (rukun tetangga) di Kelurahan Tumbang Rungan terdampak banjir yang cukup tinggi hingga masuk ke permukiman masyarakat.

Baca juga: Banjir di Kalteng, Jalan Kasongan-Kereng Pangi Katingan Ditutup Total Akibat Gorong-gorong Ambruk

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Terkurung Banjir di Rumah Flamboyan Bawah Nenek Berusia 71 Tahun Dievakuasi

Baca juga: Banjir di Kalteng, Panjang Jalan Terendam di Kasongan-Kereng Pangi Mencapai 12 Kilometer di 10 Titik

Ini diantaranya melanda warga di  RT 01 sebanyak 110 rumah dengan  ketinggian 45 centimeter sampai dengan50 centimeter.

Sedangkan di RT 02 sebanyak 94 rumah warga terendam dengan ketinggian 45 centimeter sampai dengan 55 centimeter dengan jumlah KK sebanyak 205 atau 664 Jiwa.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tumbang Rungan sudah melakukan pengecekan  ketinggian debit Air dan monitoring data warga setempat yang terdampak banjir.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tumbang Rungan Aipda Agus Santoso, mengungkapkan , dia sudah memonitor TKP dengan hasil pengecekan debit air di wilayah pemukiman warga setempat air meninggi.

Dia melakukan pemantauan bersama Lurah Tumbang Rungan, Kasi Sos dan Kasi Ekonomi pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Kel Tumbang Rungan,  serta Babinsa Tumbang Rungan dan  Ketua RT setempoat.

"Saat ini sebagian besar atau sekitar 98 persen rumah warga Kelurahan Tumbang Rungan Palangkaraya terendam air dan masuk kedalam rumah,” ucapnya.

Dia membenarkan, sebanyak 2 RT terdampak banjir di kawasan tersebut diantaranya  RT 01, sebanyak 110 rumah dengan  ketinggian 45 sampai dengan 50 centimeter.

Sedangkan di RT 02 hasil pendataan ada sebanyak 94 rumah dengan ketinggian 45 sampai dengan 55 centimeter dengan jumlah kepala keluarga yang terdampak sebanyak 205 atau 664 Jiwa.

“Berdasarkan hasil pemantauan kami, sejumlah fasilitas umum dan tempat ibadah turut terendam banjir," ungkapnya. (*)

 

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved