Breaking News:

Berita Katingan

Banjir di Kalteng, Jalan Ditutup Ratusan Kendaraan Tertahan di Jalur Kasongan-Kereng Pangi

Akibat banjir di kalteng, jalur Kereng Pangi-Kasongan (Katingan) gorong-gorong ambruk mengakibatkan penumpukan kendaraan di Trans Kalimantan.

Editor: Fathurahman
istimewa
Banjir di Kalteng, Kasat lantas Polres Katingan, Iptu Lalina Olin saat melaporkan kondisi banjir di Kereng Pangi-Kasongan Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, KASONGAN - Banjir di Kalteng, polisi lalulintas Polres Katingan Kalimantan Tengah menutup sementara jalur  Trans Kalimantan arah Kasongan-Kereng Pangi Kabupaten Katingan, Senin (15/11/2021).

Penutupan tersebut lantaran terjadi banjir di kalteng, terutama arah kasongan-kereng pangi akibat luapan Sungai Katingan yang mengakibatkan jalur tersebut putus.

Jalur utama Jalan Tjilik Riwut di Kereng Pangi di kilometer 1,5 gorong-gorong di jalan Trans Kalimantan tersebut  ambruk.

Ini mengakibatkan jalan utama penghubung Kota Palangkaraya ke Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur terputus.

Kondisi ini membuat terjadinya penumpukkan kendaraan yang tertahan di arah Kereng Pangi dan Kasongan.

Ratusan kendaraan yang tidak tahu jalan tersebut putus akibat gorong-gorong ambuk terjebak di jalur Kasongan dan Kereng Pangi.

Baca juga: Banjir di Kalteng, Jalan Kasongan-Kereng Pangi Katingan Ditutup Total Akibat Gorong-gorong Ambruk

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Dua RT Rumah Warga Tumbang Rungan Bantaran Sungai Kahayan Terendam Banjir

Baca juga: Duel Warga Rindang Banua Palangkaraya Berakhir Damai di Mapolsek Pahandut

"Sejak pagi tadi  kami tertahan di Kereng Pangi, antrean kendaraan panjang di jalanan sehingga kami tidak bisa melanjutkan perjalanan memilih balik kanan ke Sampit saja," ujar  Nur Salim salah seorang warga Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dia mengaku, tidak mau menunggu di tengah jalan karena perbaikan jalan dua gorong-gorong yang ambles belum jelas hingga bisa dilewati kendaraan kembali.

Dia mengatakan, memilih putar balik karena sangat tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan ke Palangkaraya.

Selain kerusakan gorong-gorong di kilometer 1,5 Kereng Pangi, kerusakan jalan juga terjadi di Jalan Tjilik Riwut Telangkah, Kereng Pangi kilometer 13,5.

Salah satu gorong-gorong di lokasi ini juga mengalami ambles namun masih bisa dilewati dengan ditimbun batu.

Koondisi air luapan  arus air Sungai Katingan yang sangat kencang menghantam jalan beraspal di lokasi tersebut membuat jalan mengalami kerusakan akibat aspal tergerus termasuk lapisan tanah di bawah aspal.

Kasat Lantas Polres Katingan Iptu Lelina Olin, menegaskan, agar sementara waktu kendaraan dari arah Palangkaraya ke Sampit sementara tidak mengambil jalur tersebut karena ditutup.

Salah satu kendaraan roda empat dari arah Palangkaraya menuju Sampit melewati genangan air luapan Sungai Katingan di Kereng Pangi.
Salah satu kendaraan roda empat dari arah Palangkaraya menuju Sampit melewati genangan air luapan Sungai Katingan di Kereng Pangi. (faturahman/tribunkalteng.com)

"Untuk sementara jalan belum bisa dilewati karena jalur terputus di Kereng Pangi kilometer 1,5, sembari menunggu adanya perbaikan," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved