Breaking News:

Berita Katingan

Banjir di Kalteng, Jalan Alternatif Palangkaraya-Sampit arah Kasongan-Pundu Perlu Waktu 4 Jam

Banjir di Kalteng,Penutupan Jalan Kasongan-KerengPangi,Katingan membuat pengendara mencari jalan alternantif, perlu waktu 4 jam untuk mencapainya.

Editor: Fathurahman
faturahman/tribunkalteng.com
Untuk menghindari banjir warga diangkut pakai truk saat melintas di Jalan Kasongan-Kereng Pangi Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, KASONGAN - Banjir di Kalteng yang berdampak pada penutupan Jalan Trans Kalimantan arah Kasongan-Kereng Pangi Kabupaten Katingan membuat pengendara berusaha mencari jalan alternatif untuk bepergian dari arah Palangkaraya dari Sampit atau sebaliknya.

Masih ada satu jalur jalan alternantif yang bisa tembus dari Kasongan ke Sampit atau sebaliknya namun jaraknya  lebih jauh.

Jarak tempuhnya bisa mencapai hingga empat jam untuk tembus dari Kasongan - Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

Jamaah (24) salah satu warga Sampit, merupakan mantan sales produk tertentu yang kerap mengantarkan barang pesanan pelanggannya di Katingan mengungkapkan masih ada jalur alternatif lainnya.

Baca juga: Banjir di Kalteng, Jalan Kasongan-Kereng Pangi Katingan Ditutup Total Akibat Gorong-gorong Ambruk

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Debit Air Kawasan Ponton Tinggi, Warga Buat Dipan Sementara untuk Istirahat

Baca juga: Banjir Palangkaraya, Dua RT Rumah Warga Tumbang Rungan Bantaran Sungai Kahayan Terendam Banjir

Namun, dia mengungkapkan, untuk bepergian lewat jalan alternatif perlu waktu cukup jauh jarak tempuhnya.

"Saat musim banjir seperti sekarang beberapa titik jalur alternatif tersebut juga tergenang air luapan Sungai Katingan," ungkapnya kepada Tribunkalteng.com

Biasanya, kami menggunakan jalan alternatif dari jalan samping Kantor Bupati Katingan di Kasongan dikenal dengan sebutan Jalan Depag menuju Desa Buntut Bali naik Jembatan konstruksi baja yang baru dibangun.

Dari Desa Buntut Bali tembus ke Simpang kilometer 30,  kemudian menuju  Desa Pundu Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotim.

"Namun informasi yang saya dapatkan dari teman sales jalan menuju Desa Mirah Kalanaman Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, saat ini putus juga akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut," ujarnya lagi.

Dia mengatakan, bagi warga yang ingin melintas di jalur alternatif Kasongan ke Sampit saat ini juga sulit untuk dijangkau karena beberapa titik juga dilanda banjir bahkan ada jalan yang juga putus akibat arus luapan Sungai Katingan.

Jalan trans Kalimantan dari  Kasongan ke Kereng Pangi Kabupaten Katingan selama ini memang satu-satunya jalan yang banyak dipakai warga untuk bepergian ke wilayah barat dari Palangkaraya atau Banjarmasin.

Demikian juga sebaliknya pengendara dari arah Barat Kalimantan Tengah seperti Pangkalanbun, Sampit, Sukamara maupun Lamandau atau Provinsi Kalbar menuju Palangkaraya, Banjarmasin hingga ke Kaltim.

Penutupan jalur Kasongan- Kereng Pangi Kabupaten Katingan akibat gorong-gorong ambles membuat penumpukakan kendaraan di arah Palangkaraya ke Sampit dan sebaliknya.
Penutupan jalur Kasongan- Kereng Pangi Kabupaten Katingan akibat gorong-gorong ambles membuat penumpukakan kendaraan di arah Palangkaraya ke Sampit dan sebaliknya. (faturahman/tribunkalteng.com)

Selama ini, pengendara untuk semua angkutan memang melewati jalur Kasongan- Kereng pangi Kabupaten Katingan, Kalteng untuk bepergian lewat darat lebih cepat. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved