Breaking News:

Berita Katingan

Banjir di Kalteng, Panjang Jalan Terendam di Kasongan-Kereng Pangi Mencapai 12 Kilometer di 10 Titik

Banjir di Kalteng di Trans Kalimantan arah Kasongan- Kereng Pangi, Katingan diperkirakan mencapai 12 kilometer dengan 10 titik lokasi banjir.

Editor: Fathurahman
istimewa
Banjir di Kalteng, Kepala Dinas PUPR Kalteng Shalahuddin dan Kasatker balai jalan nasional, memantau jalan terendam banji di wilayah Kasongan-Kereng Pangi Katingan, Minggu (14/11/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, KASONGANBanjir di Kalteng, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah, memperkirakan banjir yang melanda Jalan Trans Kalimantan arah Kasongan hingga Kereng Pangi Kabupaten Katingan diperkirakan mencapai 12 kilometer dengan 10 titik lokasi banjir.

Kondisi banjir parah akibat meluapnya Sungai Katingan hingga meluber ke jalan Trans Kalimantan Palangkaraya-Sampit di Desa Kasongan hingga Kerengpangi sudah dipantau langsung oleh Kadis PUPR Kalteng Salahuddin dan pihak Balai Jalan Minggu (14/11/2021).

Dua instansi ini melakukan pengecekan jalan terendam di Katingan atas perintah Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran agar jalan banjir Katingan  dan Bukit Rawi Pulang Pisau agar dipantau termasuk daerah lainnya.

Kepala Dinas PUPR Shalahuddin bersama Kasatker dengan sejumlah  pihak Balai Jalan Nasional, melakukan pemantauan di wilayah Kasongan-Kereng Pangi, Kabupaten Katingan, Minggu (14/11/2021) siang.

Baca juga: Box Culvert Ambles di Katingan Ditimbun, Petugas Terapkan Buka Tutup Jalur Palangkaraya-Sampit

Baca juga: NEWS VIDEO, Sungai Katingan Meluap, Box Culvert Kerengpangi Ambles Antrean Kendaraan Panjang

Baca juga: Box Culvert Ambles Jalur Trans Kalimantan Kerengpengi Katingan Kalteng Ditutup Untuk Mobil

Dikatakan Shalahuddin, pihak Pemprov Kalteng melakukan koordinasi untuk memantau ruas jalan yang terendam banjir dengan melakukan langkah langkah awal.

Ini, seperti pemasangan rambu atau patok batas, kemudian kesiapan alat berat hingga memetakan jalur jalan yang berpotensi rusak untuk nantinya dilakukan penanganan usai banjir.

“Kami bersama pihak Balai, memantau kondisi Jalan yang terendam banjir di wilayah Kasongan arah Kereng Pangi, Kabupaten Katingan," ujarnya.

Dari pengalaman sebelumnya, sebut Salahuddin, jalan yang terendam banjir sekitar 12 kilometer di beberapa ruas jalur yang airnya deras dan dalam.

"Ada juga jalan yang berpotensi rusak sehingga harus ditangani cepat agar warga dapat melewatinya dengan aman,” ungkap Shalahuddin lagi.

Dijelaskan Kadis PUPR ini, pihaknya juga melakukan kesiapan posko pemantauan dan penanganan agar dapat melakukan upaya percepatan apabila diperlukan.

“Selain di Katingan, jalur jalan yang menjadi langganan banjir Kami juga memantau diwilayah jalan Bukit Rawi dan daerah sekitarnya untuk melakukan percepatan penanganan sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan baik.

Selanjutnya berbagai kesiapan dan penanganan kami laporkan ke pa Gubernur sebagai bahan evaluasi dalam penanganan lanjutan,” kata Shalahuddin lagi. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved