Breaking News:

Berita Kalteng

Box Culvert Ambles Jalur Trans Kalimantan Kerengpengi Katingan Kalteng Ditutup Untuk Mobil

Jalan Trans Kalimantan arah Palangkaraya-Sampit di Karengpangi Kasongan Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, ditutup untuk roda empat karena banjir.

Editor: Fathurahman
faturahman/tribunkalteng.com
Anteran kendaraan roda empat yang tertahan di jalur Kasongan-Sampit akibat gorong-gorong ambles, Sabtu (13/11/2021) pagi. 

TRUBUNKALTENG.COM, KASONGAN - Jalan Trans Kalimantan  arah Palangkaraya-Sampit tepatnya di Karengpangi Kasongan Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, ditutup untuk kendaraan roda empat dan jenis truk sementara waktu.

Penutupan jalur padat kendaraan roda empat dan roda dua tersebut, karena gorong-gorong  (box culvert) di Desa Kerengpangi di Kilometer 14 ambles akibat arus deras luapan air Sungai Katingan yang meleluber hingga ke jalan Tjilik Riwut Katingan, Kalteng, Sabtu (13/11/2021) pagi.

Ratusan kendaraan roda empat dan truk juga jenis kendaraan kontiner yang ingin lewat jalur tersebut tertahan di jalan arah Sampit dan Palangkaraya sehingga jalur tersebut dipadati kendaraan roda empat dan truk.

Banjir  yang melanda kawasan tersebut setelah hujan lebat semalaman mengguyur Kabupaten Katingan sehingga debit air Sungai Katingan meluap hingga menggenangi jalan darat penghubung lima Provinsi di Kalimantan.

Baca juga: Polwan Kasatlantas Polres Katingan Ini Terobos Banjir di Kasongan Atur Lalu Lintas Kendaraan

Baca juga: NEWS VIDEO, Banjir Bukit Rawi Makin Parah Lalulintas Kelotok Angkutan Sepeda Motor Makin Ramai

Titik box culvert atau  gorong-gorong yang ambles di Desa Kerengpangi kilometer 14 tepat di lokasi gorong-gorong yang ambles tiga bulan yang lalu yang masih dalam tahap pembenahan oleh instansi terkait

"Gorong- gorong (box culvert) yang dulu rusak sudah diperbaiki, sedangkan yang disebelahnya masih dalam tahap perbaikan, tapi kini ambles dihantam arus air akibat debit air Sungai Katingan meluap," ujar Helmi warga sekitar. 

Pantauan Tribunkalteng.com di lokasi gorong-gorong ambles, tampak ratusan warga berada di lokasi untuk membantu pengendara roda dua yang melintas sementara ratusan kendaraan roda empat termasuk truk dan kendaraan sejenis tronton tampak tertahan di Jalanan.

lalulintas mobil dan sejenisnya tidak bisa lewat di jalur Desa Kerengpangi (katingan) arah Kasongan -Sampit akibat gorong-gorong ambles dihantam banjir, Sabtu (13/11/2021) pagi.
Lalulintas mobil dan sejenisnya tidak bisa lewat di jalur Desa Kerengpangi (katingan) arah Kasongan -Sampit akibat gorong-gorong ambles dihantam banjir, Sabtu (13/11/2021) pagi. (faturahman/tribunkalteng.com)

 Ada enam titik jalan terendam banjir akibat luapan Sungai Katingan

Jalur Kasongan dan Kerengpangi terdapat sedikitnya enam titik jalan yang terendam air akibat luapan Sungai Katingan yang meluber ke jalan dengan arus kuat hingga menghantam kendaraan dan orang yang lewat di jalan trans kalimantan tersebut.

Kasat Lantas Polres Katingan,  Iptu Lenina Olin, saat dikonfirmasi di lapangan saat mengatur lalulintas di lokasi banjir menegaskan, pihaknya menutup sementara jalur tersebut dari kendaraan roda empat dan sejnisnya karena adanya gorong-gorong ambles akibat dihantam arus sungai.

Baca juga: Banjir Trans Kalimantan Penda Barania-Bukit Rawi, Pemkab Pulpis Dirikan Dapur Umum

Baca juga: Petugas Pos Banjir Trans Kalimantan Desa Penda Barania-Bukit Rawi Siap Siaga Bantu Warga

"Kami minta untuk kendaraan roda empat jangan melintas di jalur Kerengpengi, karena adanya box Culvert atau gorong-gorong yang ambles sehingga jenis kendaraan mobil apalagi truk bermuatan besar tidak bisa lewat," tegasnya.

Kendaraan lewat Jalur Trans Kalimantan arah Kasongan -Sampit di kerengpangi terganggu akibat  gorong-gorong ambles dihantam banjir, Sabtu (13/11/2021) pagi.
Kendaraan lewat Jalur Trans Kalimantan arah Kasongan -Sampit di kerengpangi terganggu akibat gorong-gorong ambles dihantam banjir, Sabtu (13/11/2021) pagi. (faturahman/tribunkalteng.com)

Sedangkan untuk sepeda motor masih bisa lewat tetapi harus berhati-hati saat melewati jalur sejumlah titik jalan yang terendam air, karena arusnya kencang apalagi di titik gorong-gorong yang ambles harus benar-benar berhati-hati," katanya. (*)
 

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved