Breaking News:

Berita Kotim

Anak Pesisir Sungai Mentaya Kotim Rajin Membaca Buku di Perpustakaan Kapal Polairud Polda

Upaya mencerdaskan anak bangsa dilakukan Polairud Polda Kalteng dengan menyediakan buku bacaan di atas Kapal Huruf milik direktorat tersebut.

Editor: Fathurahman
ist. Polda Kalteng
Anak pesisir Sungai Mentaya Sampit saat membaca dibatas kapal milik Polairud Polda Kalteng di Sungai Mentaya. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Upaya mencerdaskan anak bangsa dilakukan Polairud Polda Kalteng dengan menyediakan buku bacaan di atas Kapal Huruf milik direktorat tersebut.

Kapal ini, setiap singgah di dermaga Sungai Mentaya kerap didatangi anak-anak yang tinggal di bantaran Sungai untuk sekadar membaca buku yang disediakan di atas kapal tersebut secara berkelompok.

Beberapa anak yang rata-rata barubl duduk dibangku sekolah dasar ini merasa nyaman ketika belajar diatas kapal milik Polairud Polda Kalteng, karena bisa sambil melihat suasana Sungai Mentaya.

Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalteng khususnya Kapal patroli Polisi XVIII-2005 menerima kedatangan beberapa anak pesisir sungai Mentaya, karena banyak tersedia buku bacaan anak.

Baca juga: Markas Komando Korpolairud dan Pusdik Polairud Bakal Dibangun di Desa Sei Sebuai Kobar Kalteng

Baca juga: Banjir di Kotim Kalteng, Tim SAR Polairud Evakuasi Warga Kuayan, Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan

Baca juga: Polda Bangun Pos Polisi Ditsamapta Antisipasi Tindak Kejahatan Jalanan di Palangkaraya

Direktur Polairud Polda Kalteng Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono, melalui Komandan Kapal XVIII-2005 Bripka Sunardi menerangkan, Ketersediaan buku - buku yang selalu di perbaharui menarik minat anak-anak pesisir untuk membaca.

"Biasanya  anak pesisir Sungai Mentaya datang sore hari sembari bermain di tepian bantaran sungai mereka tertarik dengan buku yang di pajang diatas kapal kami," ujarnya.

Saat ini Kapal Melek Huruf sudah dibuka setiap hari hanya saja saat Pandemi Covid-19, kunjungan di batasi jumlahnya.

"Ini karena situasi saat ini belum ada pencabutan aturan dari pemerintah tentang protokol kesehatan," ujar Komandan Kapal 2005 Bripka Sunardi, Jumat (12/11/21/2021).

Minat baca anak-anak Sekolah di sekitar pesisir daerah aliran sungai (DAS) Mentaya dari tahun ke tahun terus menunjukan peningkatan yang signifikan.

Ini, terlihat dari antusiasnya mereka mendatangi kapal melek huruf yang kembali di buka  setiap hari."Anak-anak langsung berdatangan untuk membaca , karena rasa ingin tahunya tinggi," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved