Breaking News:

Berita Palangkaraya

Komandan Rescue Damkar Palangkaraya: Ini Titik Lokasi Sering Munculnya Hewan Liar saat Musim Hujan

Komandan Tim Rescue Damkar Palangkaraya Sucipto sebut titik sering munculnya hewan liat saat hujan, di Menteng, flamboyan Bawah dan Tjilik Riwut

Editor: Sri Mariati
istimewa
Tim Emergency Response Palangkaraya yang dipimpin oleh Handra Herotama mengevakuasi ular piton di rumah Kota Palangkaraya, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Komandan Tim Rescue Damkar Palangkaraya Sucipto mengatakan, ada sejumlah titik lokasi yang menjadi seringnya muncul hewan liar saat musim hujan tiba.

Ungkapnya jenis hewan liar yang sering muncul saat musim hujan sekarang ini diantaranya, Biawak, Ular Kobra, dan Ular Piton.

“Ya karena di Kota Palangkaraya secara keseluruhan wilayahnya masih banyak rawa dan gambut. Jadi masih banyak hewan liar,” ujarnya kepada Tribunkalteng.com, Kamis (11/11/2021).

Sucipto menjelaskan, untuk hewan liar seperti biawak yang paling banyak ditemuan di kawasan Kelurahan Menteng, Flamboyan Bawah, Bengaris dan Karangan.

Sedangkan untuk Ular Kobra, ada di sekitaran kawasan Talawang, Jalan Tjilik Riwut mulai dari Km 5 sampai Km 26.

Untuk Ular Piton juga ada di kawasan Kelurahan Menteng, Flamboyan Bawah, Jalan Riau atau kawasan Kampung Ponton, juga Jalan Tjilik Riwut dari Km 7 sampai Km 10 Kelurahan Petuk Katimpun.

Baca juga: Waspadai Binatang Liar Masuk Permukiman Warga Palangkaraya saat Musim Hujan Tiba, Ini Tiga Jenisnya

Baca juga: 23 Warga Kota Cantik Tak Pakai Masker Terjaring Operasi Yustisi Tim Satgas Covid-19 Palangkaraya

Baca juga: 22 November Dimulai, Penerapan PTM Terbatas SMP dan SD di Palangkaraya Diberlakukan Bertahap

“Karena saat musim hujan dan banjir hewan liar tersebut memilih mencari sesuatu yang bisa dimakan, dan terpaksa masuk ke permukiman warga,” beber Sucipto.

Menurutnya, agar masyarakat untuk dapat waspada terhadap masuknya hewan liar ke permukiman.

Terutama Sucipto menegaskan, apabila ada hal yang membahayakan keselamatan butuh evakuasi seperti penanganan hewan liar ini, dapat menghubungi Dinas Damkar Palangkaraya.

Sebab mereka akan selalu merespon cepat dan standby apabila ada laporan warga dan siap menuju lokasi yang dimaksud.

“Langsung bisa lapor dan hubungi hotline kami telpon ke 112 gratis, maka kami akan siap merespon laporan warga,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved