Breaking News:

Berita Kapuas

Fenomena La Nina di Akhir Tahun, Ini Imbauan BPBD Kapuas

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengimbau untuk mewaspadai curah hujan yang tinggi akibat fenomena La Nina yang terjadi di akhir tahun

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Sri Mariati
IST
Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai fenomena La Nina.

La Nina merupakan fenomena penurunan suhu muka laut di wilayah Samudera Pasifik bagian timur dan tengah.

Hal ini menyebabkan masa udara bergerak ke Indonesia, sehingga berpotensi meningkatkan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Kalteng.

"Curah hujan di Kalimantan Tengah diperkirakan berada pada kriteria menengah dan tinggi dengan kisaran curah hujan 200 sampai 500 milimeter perbulan pada November ini hingga Januari 2022," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Karang Taruna Selat Kapuas Silaturahmi ke Markas Veteran Saat Peringatan Hari Pahlawan

Baca juga: Kemensos Targetkan Bantuan untuk 13.000 KPM Kapuas Kalteng Akhir November Ini Tersalur

Baca juga: Kejari Kapuas Segera Periksa Sejumlah Saksi terkait Kasus Dugaan Korupsi KPU Kapuas

Maka itu pihaknya mengimbau masyarakat Kapuas, terutama di wilayah hulu untuk mewaspadai curah hujan yang sangat tinggi.

"Sejak dini kami telah informasikan prakiraan-prakiraan curah hujan ini kepada masyarakat, khususnya di wilayah hulu Kapuas, agar waspada banjir," bebernya.

Selain banjir, waspadai pula angin kencang dan angin puting beliung. “Kami dari BPBD Kapuas selalu siap, baik dari segi personel dan langkah-langkah antisipasi hingga segala upaya pencegahan dan lainnya," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved