Breaking News:

Berita Kapuas

Ditetapkan Jadi Desa Sadar Hukum Kades Bungai Jaya Kapuas Pasang 32 CCTV Cegah Kriminalitas

Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah menetapkan Desa Bungai Jaya Kapuas sebagai Desa Sadar Hukum.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com / fadly SR
Momen penyerahan piagam penghargaan desa sadar hukum oleh Kanwil Kemenkumham Kalteng di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Jumat (5/11/2021). 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, dikukuhkan sebagai desa sadar hukum oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal itu ditandai dengan penyerahan penghargaan oleh Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenhumham Kalteng, Agustina Dayaleluni kepada Kepala Desa Bungai Jaya, Kadiman di aula kantor desa setempat, Jumat (5/11/2021).

Selain untuk Desa Bungai Jaya, piagam penghargaan itu juga diberikan kepada Bupati Kapuas dan Pemerintah Kecamatan Basarang oleh pihak Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Kepala Desa (Kades) Bungai Jaya, Kadiman, mengungkap bangga desanya menerima
penghargaan tersebut.

Baca juga: Cegah Kesemrawutan Pedagang Pasar Kapuas Satpol PP Ditempatkan di Pos Pantau

Baca juga: BPKAD Kapuas Targetkan 100 Bidang Tanah Aset Pemkab Bersertifikat Tahun Ini

Baca juga: Pantauan Cuaca Jumat 5 November 2021, Kapuas, Pulpis, dan Barsel Waspada Petir dan Angin Kencang

"Tentu sebuah kebanggaan, apalagi desa kami merupakan satu-satunya desa di Kapuas yang menerima penghargaan desa sadar hukum dari Kemenkumham," ungkapnya.

Disampaikannya pula, Desa Bungai Jaya memiliki terobosan tersendiri dalam hal keamanan. Yakni dengan dipasangnya puluhan CCTV di setiap sudut desa.

"Ada 32 CCTV kami pasang di setiap sudut desa, ini mencegah tindak kriminalitas dan apabila terjadi tindak kejahatan bisa terpantau," bebernya saat diwawancarai Tribunkalteng.com.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Kalteng, Agustina Dayaleluni, berharap Desa Bungai Jaya dapat menjadi contoh terhadap desa-desa yang lain dalam hal wujud desa sadar hukum.

"Desa sadar hukum merupakan desa dengan kategori masyarakat yang taat dan patuh terhadap hukum," kata Agustina.

Apresiasi disampaikan pihaknya kepada Desa Bungai Jaya, Pemerintah Kecamatan Basarang dan Pemkab Kapuas.

"Penetapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum merupakan salah satu upaya bersama dalam memperkuat status Indonesia sebagai Negara hukum," pungkasnya.

Turut hadir saat kegiatan penyerahan desa sadar hukum di Kantor Desa Bungai Jaya, Asisten II Setda Kapuas Salman, Camat Basarang Mujiono, pihak Polsek dan Koramil setempat serta perangkat desa. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved