Berita Kalbar

Sungai Kapuas Kalbar Meluap, Jalan Lintas Utama Melawi dan RS Sayang Ibu di Sintang Terendam

Banjir akibat luapan Sungai Kapuas Kalimantan Barat masih terus terjadi bahkan terus meningkat.

Editor: Fathurahman
istimewa
Banjir pasang yang melanda kota Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, masih terus meningkat. Sejumlah ruas jalan utama lintas kabupaten mulai terendam. Seperti di ruas jalan Lintas Melawi. Sejak beberapa hari terakhir, ruas jalan lintas kabupaten Sintang-Pontianak-Kapuas Hulu, ini terendam banjir luapan sungai kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, SINTANG -Banjir akibat luapan Sungai Kapuas Kalimantan Barat masih terus terjadi bahkan terus meningkat. Banjir terparah terjadi di Kecamatan Sintang  Kabupaten Sintang.

Curah hujan intensitas tinggi yang mengguyur Provinsi Lintasan Katulistiwa tersebut masih saja terjadi. Ini juga bersamaan dengan  air Sungai Kapuas pasang sehingga meluap hingga menggenangi jalan dan fasilitas umum di kawasan tersebut.

Lalulintas kendaraan yang melintas di sejumlah jalur utama Kabupaten Sintang harus berhati-hati terutama saat melewati jalan terendam banjir.

Petugas kepolisian lalulintas Polres Sintang tampak berjaga di jalur jalan lintas utama yang terendam air agar kendaraan yang lewat tidak terganggu.

Banjir yang merendam jalan tersebut juga mengakibatkan aspal jalan  rusak karena terkelupas oleh derasnya arus air yang meluap dari Sungai kapuas.

Baca juga: BMKG Palangkaraya Pantau Cuaca Ekstrem Terjadi di Seluruh Kalimantan Tengah, 4 November 2021

Baca juga: BMKG Palangkaraya Prediksi Potensi Hujan Tinggi di Kalteng, Pengaruh Fenomena La Nina

Banjir pasang yang melanda kota Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, merendam sejumlah ruas jalan utama lintas kabupaten mulai terendam.

Seperti di ruas jalan Lintas Melawi. Sejak beberapa hari terakhir, ruas jalan lintas kabupaten Sintang-Pontianak-Kapuas Hulu, ini terendam banjir luapan sungai kapuas.

Tinggi muka air di atas ruas jalan ini bervariasi, bahkan ada mencapai dengkul orang dewasa.

Anggota Satlantas Polres Sintang, sejak Rabu kemarin sudah mengalihkan kendaraan dari ke satu jalur.

Semua kendaraan roda dua dari arah Sintang-Pontianak atau sebaliknya disarankan untuk melewati jalur sebelah kanan. Sebab, jalur sisi kiri teredam air cukup dalam. Selain itu banjir juga menyebabkan lapisan aspal mengelupas menyebabkan jalan berlubang, sehingga cukup berbahaya dilewati kendaraaan bermotor.

Sejumlah pertokoan, fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Sayang Ibu, hingga SPBU yang berada di jalan lintas melawi terendam air.

Ruas jalan Sintang-Kapuas Hulu, ada dua titik genangan air. Satu di simpang Akcaya-Jerora dua. Titik ini relatif bisa dilewati semua kendaraan. Di Desa Jerora 1, cukup dalam namun masih bisa dilintasi kendaraan.

Banjir di Kabupaten Sintang, terparah di Kecamatan Sintang. Lebih dari 6 ribu KK terdampak. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Banjir di Sintang Terus Meningkat, Rumah Sakit Hingga SPBU di Lintas Melawi Terendam

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved