Breaking News:

Berita Pulang Pisau

NEWS VIDEO, Irigasi Dibenahi Sawah Lahan Gambut Desa Talio Hulu Pulpis Tak Banjir Lagi

Petani di Desa Talio Hulu Kecamatan Pandih Batu pulpis, Kalteng, kembali bergairah sawah mereka tak lagi banjir, karena irigasi semakin baik.

Editor: Fathurahman

TRIBUNKALTENG.COM, PULANGPISAU - Petani di Desa Talio Hulu Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah, mengaku, kembali bergairah mejalani usaha pertanian karena lahan pertanian mereka tidak lagi kebanjiran saat musim hujan.

Pengaturan air irigasi di lahan pertanian milik petani eks Program Pembukaan Lahan Gambut  (Eks PLG) Sejuta Hektare di Desa Talio Hulu Pulang Pisau semakin baik.

Badan Restorasi Gambut dan Mangrov (BRGM) dalam dua tahun ini melakukan pembenahan pengairan di lokasi lahan pertanian milik warga Talio Hulu Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau tersebut.

Salah satu Petani Lahan Gambut di Desa Talio Hulu Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Suyono, Selasa (2/11/2021)  mengaku telah dua tahun mengikuti program pertanian yang dibina oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrov (BRGM) tersebut.

Baca juga: Petani Desa Talio Hulu Pulang Pisau Terbantu Irigasi Membaik Lahan Pertanian Tak Lagi Kebanjiran

Baca juga: Rombongan BRGM Melanjutkan Kunjungan Kerja ke Pangkalan Bun, Ini Yang akan Dipantau

Baca juga: Capaian Hasil Pertanian di Desa Talio Hulu Pulang Pisau Kalteng Dipuji Kepala BRGM

Dia mengatakan, selama dua tahun ikut kegiatan pertanian di bawah binaan BRGM hasil yang didapatkan cukup baik, dibandingkan saat program PLG yang lalu, karena saat itu tidak ada pengaturan pengairan seperti sekarang.

"Dulu lahan pertanian yang kami garap di lokasi Eks PLG ini sering banjir, karena belum ada tata kelola air di lahan gambut yang baik seperti sekarang," ungkapnya.

Dia menegaskan, keberadaan BRGM yang mengelola pengairan lahan pertanian di lokasi lahan Desa Talio Kecamatan Pandih Batu Pulang Pisau sangat membantu petani setempat.

"Saat ini kami sudah bisa lebih baik mengelola lahan, karena pengaturan air irigasi di lahan pertanian kami sudah sangat baik, sehingga tidak kebanjiran lagi. Ini sangat membantu kami ," sebutnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved