Breaking News:

Berita Kotim

Antisipasi Aksi Unjukrasa Kapolres Kotim Periksa Kesiapan Personel Dalmas dan Sarpras

Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Abdoel Harris Jakin memeriksa Pasukan Dalmas Unjuk Rasa dan kesiapan sarana dan prasarana.

Editor: Fathurahman
ist.Polres Kotim
Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin saat memeriksa pasukan Dalmas 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Antisipasi unjukrasa yang belakangan mulai kembali marak dilakukan oleh Polres Kotawaringin Timur.

Kapolres Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, AKBP Abdoel Harris Jakin memeriksa Pasukan Dalmas Unjuk Rasa dan kesiapan sarana dan prasarana (Sarpras) di Mapolres Kotim, Jumat (22/10/2021).

Pemeriksaan pasukan dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Kotim.

Sebab itu diperlukan Pengecekan Sarana Prasarana Kepolisian secara priodik.

Bukan hanya itu, pelaksanaan pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian unjuk rasa bagi Personelnya pun juga dilaksanakan rutin di lapangan Mapolres Kotim, Jalan Jenderal Soedirman,  Sampit.

Kapolres Kotim bersama Wakapolres dan Kabag Ops, melakukan pengecekan kelengkapan kelaikan sarana prasarana  pendukung pengendalian massa hingga sarana persenjataan dalam penegakan hukum.

Baca juga: Pemotor ABG Kebut-kebutan di Jalan Sampit, Polres Kotim Edukasi Lalin Lewat Spanduk ke Sekolah

Baca juga: 150 Pengendara Tertib Berlalulintas di Sampit Jadi Target Vaksinasi Massal Polres Kotim

Baca juga: Sempat Kosong, Kasat Reskrim Polres Kotim Berganti dari AKP Zaldy Kurniawan ke AKP Gede Agus Atmaja

Latihan pengendalian massa saat kejadian unjuk rasa yang memang sudah rutin diagendakan dikesatuan polri dimaksudkan untuk melatih kesigapan seluruh personel jikasewaktu-waktu diperlukan.

Mereka akan langsung diterjunkan melakukan pengendalian unjuk rasa seluruh fungsi harus mengerti tugasnya masing-masing termasuk yang harus dikerjakan di bawah kendali.

Leading sektornya adalah Satuan Sabhara, namun seluruh personel dari fungsi lain juga diwajibkan mengerti pentahapan SOP dalam penanganan unjuk rasa.

Yakni dari situasi kategori Hijau (Tertib), Kuning (Tidak Tertib) hingga Merah (Anarki/Melanggar Hukum) semua kegiatan disimulasikan untuk kesiapan menghadapi keadaan sebenarnya di lapangan.  

Saat memantau kesiapan tersebut, Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin mengatakan, salah satu kunci pengendalian massa adalah kesabaran kita untuk bisa menahan dan mengendalikan emosi.

"Kita jangan mudah terpancing provokasi pengunjuk rasa tindakan yang dilakukan  ada pentahapan dan penilaiannya sesuai dengan eskalasi, “ Laksanakan tugas secara Profesional, proporsional dan prosedural” tegasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved