Breaking News:

Berita Kapuas

Bagian Organisasi Setda Kapuas Siapkan Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Administrator

Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kapuas menyusun sistem merit standar kompetensi jabatan administrator ASN lingkup Pemkab Kapuas

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Sri Mariati
IST
Bagian organisasi Setda Kapuas rapat pembahasan penyusunan standar kompetensi jabatan administrator Pemkab Kapuas, beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mempersiapkan pelaksanaan sistem merit melalui penyusunan standar kompetensi jabatan.

Maka itu Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kapuas, melaksanakan rapat persiapan penyusunan standar kompetensi bagi jabatan administrator.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kapuas, Hery Setiawan, Selasa (19/10/2021) menyampaikan harapannya agar penyusunan standar kompetensi bagi jabatan administrator mendapat dukungan dari setiap perangkat daerah.

"Dikarenakan penyusunan standar kompetensi menjadi salah satu kebijakan dalam manajemen ASN," kata Hery.

Dilanjutkannya, hal pertama dalam hal ini perlu terlebih dahulu menyamakan pengertian dan pemahaman terhadap Sistem Merit dalam manajemen ASN.

"Sehingga setiap tahapan penyusunan standar kompetensi jabatan bagi Jabatan Administrator tersebut dapat dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Nekat Sebarkan Video Syur, Pria di Kapuas Ini Beralasan Cinta Tidak Direstui Orangtua Pacar

Baca juga: Gunakan Mobil Keliling ADIB, Cara DPMPTSP Kapuas Tingkatkan Pelayanan Perizinan

Lebih lanjut, disebutkan bahwa terdapat sembilan kriteria dalam sistem merit yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah seluruh jabatan ASN memiliki standar kompetensi jabatan.

"Standar kompetensi ASN adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diperlukan seorang Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan tugas jabatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Subbagian Analis Formasi Jabatan Dea Sintani, yang menyebutkan bahwa kegiatan penyusunan standar kompetensi ASN ini akan berpedoman pada peraturan yang ada.

"Penyusunan standar kompetensi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas berpedoman pada Peraturan Menpan-RB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara," ucapnya.

Baca juga: Dinas Perikanan Kapuas Salurkan 51 Ribu Benih Ikan Lele kepada Pokdakan

Baca juga: Sinergi Bersama, Pemkab Kapuas Berikan Penghargaan Kepada Dandim

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati tersebut dihadiri oleh beberapa Kepala Sub Bagian Tatausaha/Umum yang ada di Kabupaten Kapuas.

Diantaranya Inspektorat, Kesbangpol, DP-3APPKB, BKPSDM, Disdik, Disbudpora, Dishub, DPPKUKM, Dissos, DPMPTSP dan Satpol PP Damkar.

Untuk diketahui, Sistem merit merupakan salah satu kebijakan dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yang merupakan kebijakan dan manajemen ASN.

Berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved