Breaking News:

Indonesia Kena Sanksi, Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih di Ajang Dunia Gegara Pengujian Doping

WADA menilai Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI)  tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif kepada setiap atlet

Editor: Dwi Sudarlan
Dokumen NOC Indonesia
Kontingen Indonesia mengibarkan bendera Mera Putih di Olimpiade 2021. Gegara tidak patuh pada program antidoping, WADA menjatuhkan sanksi keras untuk Indonesia yakni dilarang mengibarkan Bendera Merah Putih di ajang olah raga dunia selain Olimpiade 

TRIBUNKALTENG.COM - Gegara tidak patuh terhadap program pengujian doping, Indonesia mendapat sanksi keras, dilarang mengibarkan Bendera Merah Putih dalam ajang olah raga internasional.

Namun, larangan kontingen Indonesia mengibakan Bendera Merah Putih tidak berlaku di ajang Olimpiade.

Sanksi keras termasuk larangan mengibarkan Bendera Merah Putih ini dijatukan Badan Anti-Doping Dunia (World Anti-Doping Association/WADA) per Kamis (7/10/2021) kemarin.

WADA menilai Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI)  tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif kepada setiap atlet di seluruh cabang olahraga.

Baca juga: Sejarah Bendera Merah Putih, Simak Tata Cara Penggunaan dan Larangan terhadap Bendera Negara

Baca juga: Peraih Emas Diduga Doping, Medali Perunggu Windy Cantika Aisah Berpeluang Jadi Perak

Baca juga: Munculnya Klaster Covid-19 PON XX Papua, Sancho Sebut Kontingen Kalimantan Tengah Aman

Sanksi yang diberikan, selain tidak boleh mengibarkan Bendera Merah Putih, hak Indonesia menjadi tuan rumah untuk kejuaraan atau turnamen level regional, kontinental, dan dunia selama masa penangguhan juga dicabut.

Perwakilan LADI juga dinilai tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite sampai status sanksi mereka dipulihkan atau minimal menjalani masa penangguhan selama satu tahun.

Dikutip dari Reuters, WADA tetap mengizinkan para atlet dari Indonesia untuk tetap bersaing pada kejuaraan atau turnamen level regional, kontinental, dan dunia.

Akan tetapi, Bendera Merah Putih tidak akan bisa dikibarkan selain pada ajang Olimpiade.

Sebelum resmi menjatuhkan sanksi, WADA sebetulnya sudah mengirim pemberitahuan perihal ketidakpatuhan akan peraturan anti-doping terbaru yang sesuai standar WADA kepada delapan organisasi, termasuk LADI, pada 15 September 2021

Namun, LADI dan empat organisasi lainnya tidak membantah klaim ketidapatuhan, konsekuensi yang diusulkan dari vonis ketidakpatuhan, atau kondisi pemulihan yang diusulkan WADA dalam tempo 21 hari setelah surat tersebut diterima.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved